Sistem Informasi Sekolah, Ini Dia Beberapa Manfaatnya

August 30, 2020

sistem informasi sekolah sangat penting bagi setiap warga sekolah seperti siswa-siswi, guru, dan orang tua.

Sistem informasi sekolah merupakan sebuah hal yang patut dikembangkan apalagi dalam masa pandemi seperti ini. Saat ini sistem seperti ini tengah digembor-gemborkan di mana-mana. Karena, selain untuk tetap bisa menjalankan proses belajar mengajar di masa pandemi ini. Juga bisa untuk meningkatkan kualitas pendidikan institusi pendidikan.

Ini berarti tidak ada salahnya jika sistem ini dikembangkan di sekolah untuk bisa meningkatkan kualitas sekolah. Selain itu, jika dilihat dari segi ekonomi jika menerapkan sistem informasi di sekolah akan menjadi lebih ekonomis karena ada beberapa hal yang bisa langsung diakses secara elektronik.

Apalagi sekarang di masa pandemi seperti ini. Hampir semua kegiatan masih berjalan dari rumah. Belum ada kegiatan yang bisa berjalan normal. Di sini peran sistem informasi di sekolah menjadi salah satu jalan terbaik yang bisa diambil agar anak-anak tetap bisa melangsungkan pendidikan sekalipun dalam masa pandemi seperti ini.

Sistem informasi di sekolah sendiri ini merupakan sebuah gabungan dari beberapa koneksi sehingga bisa diakses di mana saja untuk bisa memberikan proses belajar mengajar yang efektif dan efesien. Dengan sistem ini, lembaga pendidikan bisa berbagi informasi apa saja dengan lebih mudah. 

Lalu apa manfaat dari sistem informasi sekolah ini? bagi orang yang masih asing dengan istilah ini mungkin bertanya-tanya apa manfaat dari sistem informasi yang ada di sekolah ini. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sistem informasi ini jika diterapkan di sekolah.

Manfaat bagi Sekolah

Jika berbicara mengenai manfaat tentu setiap yang berperan dalam masa pendidikan anak akan mendapatkan keuntungannya. Soal siapa yang mendapatkan keuntungan yang lebih besar, itu bukan masalah. Karena yang terpenting pendidikan bisa berjalan dengan baik. berikut beberapa manfaat bagi sekolah.

  1. Memudahkan Pengelolaan Data

Dengan sistem informasi sekolah, lembaga pendidikan akan lebih mudah dalam pengolahan data. Baik itu data akademik ataupun data non akademik dengan lebih efektif. Data tersebut bisa tersaji dengan rapi dan terstruktur dengan sistem informasi yang ada di sekolah.

  1. Memudahkan Penyimpanan Database

Dengan sebuah sistem informasi manajemen di sekolah, pihak institusi bisa menyimpan beberapa database yang sangat penting berkaitan dengan sekolah. Misalnya saja seperti data para siswa, data para guru, data para karyawan, data akademik, bahkan hingga data administrasi.

  1. Meningkatkan Pelayanan Pendidikan

 Penerapan sistem informasi seperti ini di sekolah bisa menjadi sebuah sarana penghubung antar semua warga sekolah. Mulai dari orang tua murid, guru, siswa-siswi, hingga masyarakat tanpa terbatas oleh waktu dan tempat. Dengan begitu, kepercayaan masyarakat pada sekolah bisa meningkat.  

Manfaat bagi Orang Tua

Selain bagi institusi pendidikan itu sendiri, manfaat dari sistem informasi sekolah ini juga dapat dirasakan oleh orang tua. Karena orang tua bisa memantau langsung perkembangan anaknya di sekolah seperti apa dengan langsung melihat website sistem informasi tersebut.

Dengan adanya sistem informasi di sekolah, informasi akademik pun bisa terolah dengan baik. Sehingga informasi mengenai akademik bisa terintegrasi dengan lebih baik dan mempermudah orang tua sekaligus siswa-siswi dalam memantau perkembangan akademik  anak di sekolah. 

Selain itu, orang tua juga tidak harus mengeluarkan uang untuk bisa membeli buku agar anaknya bisa belajar. Karena, bukunya sudah bisa diakses langsung melalui perpustakaan elektronik atau diunduh dari website Kemendikbud atau situs pendidikan lainnya.

Buku tersebut setelah diunduh bisa langsung dibuka melalui smartphone atau laptop yang telah dimiliki oleh masing-masing siswa. Biasanya buku yang terunduh akan memiliki format pdf. Dengan begitu, orang tua tidak lagi harus mengeluarkan uang untuk membeli buku.

Manfaat bagi Siswa

Selain bagi institusi pendidikan dan orang tua, tentu bagi siswa itu sendiri juga akan memberikan manfaat. Beberapa manfaat ini akan dirasakan oleh siswa yang menjalani kegiatan sekolah di institusi pendidikan dengan menerapkan sistem informasi sekolah.

  1. Membantu Melihat Perkembangan Akademik & Non Akademik

Karena sistem informasi bisa menyimpan berbagai macam database, tentu saja informasi mengenai perkembangan siswa bisa langsung dilihat sendiri oleh siswa atau siswi dari sistem informasi yang disediakan sekolah. Baik itu perkembangan akademik ataupun perkembangan non akademik. 

Dengan begitu siswa bisa lebih aktif lagi dalam mengontrol nilainya agar tidak terus mengalami penurunan. Siswa juga bisa mengetahui sendiri dengan lebih mudah mata pelajaran mana yang membutuhkan perbaikan dan mana yang tidak membutuhkan perbaikan.

  1. Membantu Menemukan Bahan Belajar

Manfaat sistem informasi sekolah berikutnya ialah membantu para siswa untuk bisa menemukan bahan belajar karena buku-buku biasanya akan disediakan di perpustakaan online oleh pihak institusi. Jadi siswa akan lebih mudah untuk mempelajari hal baru dalam buku pelajaran mereka sebelum pelajaran itu di bahas. 

  1. Memudahkan Menemukan Soal Latihan atau Tugas

Selain menemukan bahan belajar atau materi, siswa-siswi juga akan lebih mudah dalam menemukan soal latihan atau tugas yang diberikan oleh gurunya. Guru tinggal meng-upload soal atau tugas yang akan diberikan kepada siswa-siswi. Kemudian siswa bisa langsung mengaksesnya melalui sebuah link tertentu.

Dengan cara ini siswa dan guru sama-sama diuntungkan. Dalam pengumpulan tugas, siswa tidak perlu ribet harus memakai kertas tertulis karena bisa langsung mengisi soal atau tugasnya dari link yang dibagikan oleh guru. Untuk penilaiannya pun biasanya akan langsung muncul setelah selesai ujian.

Dari beberapa manfaat di atas, kita bisa tahu begitu pentingnya sistem informasi di sekolah saat ini. Karena bisa mempermudah dalam akses, pengolahan dan penyimpanan data. Untuk bisa mendapatkan informasi lainnya seputar sistem informasi sekolah, bisa menghubungi PT. Mono Solusi Indonesia melalui https://monosolusi.com/contact.


Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top