Sistem Informasi Sekolah Bisa Sukses dengan Cara Ini!

August 25, 2020

Meskipun sudah disiapkan sistem informasi sekolah yang baik, namun bila tidak didukung dengan SDM memadai, semuanya akan sia-sia.

Dengan berkembangnya teknologi membuat penerapan sistem informasi sekolah semakin meningkat. Karena sistem ini adalah pendukung sekolah dalam mengelola manajemennya. Misalnya saja seperti dalam hal perencanaan, pengawasan, pengorganisasian, koreksi, pergerakan, dan budgeting supaya bisa tepat sasaran. Dengan begitu fungsi operasional di bidang organisasi pendidikan bisa tercapai.

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar sekolah bisa menggunakan sistem informasi dengan benar adalah harus memiliki internet. Karena dalam praktiknya harus dikerjakan secara online sehingga ketersediaan internet wajib dipenuhi dulu. Tidak hanya itu saja, sekolah wajib memiliki hardware computer dan juga pendukungnya supaya sistemnya lancar.

Begitu juga dengan perangkat lunak sekolah. Hal lain yang wajib disiapkan adalah datanya dulu sebagai komponen dasar informasi sistemnya nanti. Selanjutnya bila beberapa hal tersebut sudah disiapkan, maka guru dan staff harus bisa beradaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi terkini yang digunakan oleh sekolah saat omo.

Sistem informasi itu sendiri meliputi pengelolaan kesiswaan, profil identitas sekolah, pengelolaan akademik, guru, karyawan, keuangan, dan perpustakaan, sistem e-learning, pelaporan, juga masih banyak yang lainnya. Jadi pemanfaatannya sangat banyak untuk bidang pendidikan yang ada di sekolah. Itulah sebabnya teknologi sering digunakan untuk kemajuan pendidikan.

Pentingnya Kemajuan Teknologi Sistem Informasi Sekolah

Saat ini sudah banyak sekolah yang menggunakan teknologi untuk mengelola sistem manajemen, keuangan, dan juga operasional lain. Tentunya hal ini membuat para siswa tidak asing dengan sistem informasi milik sekolah yang cuma bisa dibuka bila sudah memasukkan username mereka sendiri dan passwordnya.

Sistem informasi berbasis online seperti ini kerap dipakai oleh sekolah elit yang isinya data informasi akademis. Dengan adanya sistem tersebut membuat semua siswa bebas mengakses informasi apa saja lebih mudah. Bahkan mereka juga dapat melihat rekap nilainya secara online.

Kemajuan teknologi yang seperti ini membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan. Sehingga perubahannya mempengaruhi segala aspek, termasuk bidang akademik. Dengan adanya teknologi membuat pekerja di bidang tata usaha di sekolah lebih mudah dalam mengatur sekaligus memasukkan data yang berkaitan dengan siswanya.

Lebih menariknya lagi adalah ternyata sistem informasi sekolah berbasis online bisa mempengaruhi akreditasinya juga. Sekolah yang sudah menjalankan sistem informasi secara online dianggap mampu mengatur kegiatan operasional dengan baik. Itu artinya sistem informasi seperti ini sudah berhasil membawa banyak perubahan untuk operasional sekolah yang berjalan.

Dengan adanya kemajuan teknologi berbasis sistem informasi membuat siswa tidak lagi bertanya nilainya kepada gurunya. Karena dengan akunnya sendiri mereka bisa mengecek nilainya langsung yang sudah diunggah oleh guru. Ini juga berlaku saat mereka ingin tahu tugas akhirnya. Itulah kenapa sistemnya harus bagus.

Cara Implementasi Sistem Informasi Sekolah

Karena hampir semua pihak IT sering menghadapi masalah saat memanfaatkan sistem akademik, hal ini memberikan tantangan tersendiri. Itulah sebabnya supaya bisa lancar tanpa kendala, butuh beberapa trik supaya kinerjanya aman. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan supaya sistemnya lancar, antara lain:

  1. Jangan lupa merencanakan segalanya sejak dini. Karena hal apapun tidak akan berhasil bila rencananya belum matang dari awal. Maka dari itu biaya, peran, prosedur, dan cara mengoperasikannya harus dipahami dulu dengan baik. Sehingga saat sistem tersebut dijalankan, semua orang yang berperan dapat melakukan tugasnya.
  2. Setelah memutuskan memakai sistem informasi sekolah, pastikan membuat perencanaan terhadap roadmap pengembangan dengan jelas. Karena setiap software yang digunakan pasti mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Maka dari itu sebelum memulainya, roadmap pengembangannya harus jelas dan disiapkan dari awal. Supaya sistem informasi berjalan dengan lancar.
  3. Kunci sukses lainnya adalah harus didukung dengan pemahaman SDM dulu. Ini penting sekali khususnya kepada mereka yang akan bertanggung jawab menggunakan sistem informasi tersebut. Maka dari itu diperlukan sosialisasi di antara semua pihak yang ikut andil berkontribusi supaya semuanya berjalan lancar.
  4. Hal lain yang harus diperhatikan bila menjalankan sistem informasi adalah pastikan memilih vendor terbaik. Karena meskipun SDM semua orang yang bertanggung jawab dalam menggunakan sistem informasi sudah disiapkan dengan baik. Namun bila sistemnya bermasalah, semuanya tidak bisa dijalankan dengan baik.

Pentingnya Memilih Vendor Pengembangan Sistem Informasi Sekolah yang Tepat

Memilih vendor pengembangan sistem informasi yang tepat sangat penting. Karena itu bisa mempengaruhi sistem keamanannya. Bagaimanapun juga keamanan sangat penting sekali dalam menjalankan sistem informasi akademik. Sistem berbasis online memang terlihat mudah dan cepat. Namun keamanannya justru bisa terancam kapan saja saat semuanya berbasis internet.

Itulah sebabnya harus ada sistem keamanan ganda supaya semua data sekolah bisa terlindung dengan baik. Terlebih di dalamnya pasti ada banyak data seputar siswa dan sekolah. Sehingga memilih vendor pengembangan tidak boleh sembarangan. Saat memakai jasa mereka, artinya harus bisa bekerja sama dengan perusahaan tersebut.

Jadi sebaiknya pilihlah jasa yang professional dan bisa dipercaya. Bila perlu pilih perusahaan yang mau mengetes dulu sistemnya menggunakan user acceptance testing. Sehingga Anda tahu apa saja yang tidak dibutuhkan dari awal. Dengan memilih layanan yang tepat bisa mendapatkan perbaikan ketika terjadi masalah pada sistem.

Hal ini sangat penting sekali namun sayangnya jarang diperhatikan oleh beberapa instansi sekolah. Untuk itu bila Anda membutuhkan informasi yang tepat seputar hal ini, silahkan kunjungi http://monosolusi.com/contact secara langsung. Sehingga Anda bisa mendapatkan info terbaru selengkapnya tentang sistem informasi sekolah yang terbaik.


Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top