Seperti Inilah Jadinya Bila Sistem Informasi Sekolah Digunakan dalam Pembelajaran

August 26, 2020

Pada dasarnya sistem informasi sekolah itu sangat penting dalam dunia pendidikan, khususnya pada media pembelajaran. Maka dari itu pemanfaatannya harus ditingkatkan.

Seperti yang terlihat bahwa sekarang ini sistem informasi sekolah semakin canggih dan berkembang pesat. Hadirnya teknologi membuat semua kebutuhan manusia dari segala aspek menjadi terbantu. Mulai untuk memenuhi kebutuhan dasar sampai dengan hal yang khusus untuk mendukung kehidupan manusia. Semuanya seakan-akan tidak terlepas dari teknologi.

Sementara itu di bidang pendidikan sendiri seharusnya sistem informasi itu digunakan sebagai cara mengambil keputusan yang tepat di sekolah. Misalnya saja mengambil jumlah SDM pendidikan, jenis, tingkatan sekolah, pelaksanaan kurikulum, dan perkembangan lembaga pendidikan. Jadi teknologi bisa membuat manajemen pendidikan menjadi lebih baik.

Bila di masa lalu sering terjadi human error dalam manajemen pendidikan, maka sekarang semuanya dapat diminimalisir berkat sistem informasi di sekolah. Bagaimanapun juga dalam dunia pendidikan itu pemanfaatan sistem informasi tidak bisa dipisahkan dari kegiatan di sekolah sendiri. Itulah sebabnya pemanfaatannya begitu penting di sekolah.

Unsur Manajemen Sistem Informasi Sekolah

Unsur yang satu ini berperan untuk membuat layanan di sekolah berjalan lebih efektif. Beberapa hal yang perlu dimanajemen meliputi dalam perilaku kepemimpinan, mengambil keputusan, alokasi sumber daya, pengembangan fasilitas, dan masih banyak lainnya. Jadi harus diperhatikan sebaik mungkin supaya sistemnya lancar.

Sehingga kebutuhan siswa dan semua orang yang ada di sekolah menjadi terpenuhi. Jadi bisa dikatakan bahwa pada dasarnya manajemen pendidikan itu berkaitan dengan tujuannya sendiri. Dimana manusia bekerja sama dalam proses sistematik dan sistemik. Jadi sumber daya yang ada harus digunakan dengan baik.

Bila diibaratkan sebenarnya sistem informasi sekolah sama dengan ilmu manajemen pendidikan. Karena di dalamnya juga mempelajari tentang SDM, kurikulum, dana, bagaimana fasilitas belajar, dan seperti apakah caranya agar tujuannya bisa tercapai. Sedangkan pengelolaannya meliputi input, proses, dan output. Bagian ini selalu berjalan berurutan.

Karena jika belum ada inputnya, otomatis tidak ada proses yang akan terjadi. Sehingga saat tidak ada proses yang dikerjakan, maka outputnya menjadi kosong. Karena tidak ada apapun yang dikerjakan. Maka dari itu setiap unsur bagiannya harus diperhatikan dengan baik. Jadi unsur adalah data yang dikerjakan.

Sedangkan prosesnya meliputi kegiatan yang dilakukan menggunakan bantuan komputer atau secara manual. Proses manual di sini dilakukan secara konvensional. Sementara proses dengan komputer harus ada kondisi tertentu di dalamnya. Yaitu ada data, struktur organisasi yang pasti, pengelolaan, dan juga pemeliharaan sistem informasi sekolah.

Selanjutnya yang termasuk output adalah informasi yang diberikan untuk kepala sekolah sebagai pimpinan (pihak lain). Di mana output di sini selalu membutuhkan bahan yang digunakan untuk mengambil atau membuat keputusan. Sehingga ketika input dan prosesnya selesai, maka kemudian akan menghasilkan output untuk mengambil keputusan.

Alur Proses Sistem Informasi Sekolah

Alur sangat mempengaruhi kinerja dari sistem informasi yang ada. Maka dari itu saat merencanakan data dan memprosesnya, alurnya harus benar. Tidak hanya itu saja, jenis data dan waktunya wajib diperhatikan. Dengan begitu proses dalam mengolah datanya bisa berjalan dengan lancar.

Dalam hal ini pihak yang bertanggung jawab harus menentukan tugas serta ruang lingkup data sekolah. Selanjutnya akan dilakukan proses penyiapan dan pengumpulan data. Beberapa diantaranya meliputi menentukan metode, menyusun, dan melaksanakan sumber data yang sudah dikumpulkan. Setelah datanya disiapkan, saatnya untuk pengolahan data.

Pengolahan data di sini meliputi menentukan format sajiannya agar sesuai dengan permintaan. Setelah itu sistem informasi sekolah tersebut harus segera diamankan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Proses terakhir yang perlu dilakukan adalah penyajian laporannya. Dalam hal ini perlu dilakukan analisis dan interpretasi dari hasil olahan datanya.

Dari sinilah hasilnya langsung diamankan sehingga kinerjanya semakin efektif. Dengan teknologi ini membuat batasan waktu operasi semakin praktis dan cepat. Jadi setiap siswa bisa menggunakan metode belajar secara online. Tentunya berkat media pembelajaran berbasis internet membuat sekolah terlihat maju karena semuanya sudah dikerjakan secara online.

Hal seperti ini umumnya disebut dengan e-learning. Tujuan e-learning adalah supaya pembelajaran siswa semakin praktis dan efisien. Sehingga hasil pembelajarannya melebihi dari klasikal. Karena dalam hal ini kecepatan penyajian informasi semakin cepat sehingga waktunya juga lebih hemat.

Saat sekolah sudah menerapkan teknologi berbasis internet, itu akan membuat kualitas komunikasi masing-masing pihak di sekolah semakin meningkat. Jadi setiap guru, pengurus sekolah, dan siswanya bisa mengembangkan pengetahuannya lebih baik. Meskipun pada akhirnya hal ini berdampak pada pengurangan tenaga kerja.

Hal Penting Dibalik Sistem Informasi di Sekolah

Sebenarnya keputusan menggunakan sistem informasi itu harus disesuaikan dengan kondisi di sekolah itu sendiri. Sehingga bisa didapatkan sistem yang tepat dan benar-benar dibutuhkan oleh sekolah. Dengan begitu akan ada banyak dampak positif yang diterima berkat penerapan sistem informasi ini.

Meskipun sekolah tetap harus memperhatikan rencana awalnya dengan matang. Karena meskipun sudah berbasis teknologi, namun tetap saja segala kemungkinan terburuk bisa saja terjadi. Misalnya saja tenaga kerjanya menjadi berkurang. Karena semuanya sudah berbasis teknologi, akibatnya angka pengangguran karena teknologi semakin meningkat.

Mengingat pemanfaatan dunia teknologi sudah tidak terpisahkan dengan pendidikan. Maka diperlukan implementasi sistem informasi dan pemasyarakatan yang tepat. Sehingga proses pelaksanaannya bisa berjalan dengan maksimal sesuai kepentingan dunia pendidikan. Dengan begitu tidak terjadi kerugian setelah menggunakan teknologi terkini.

Namun meskipun begitu, yang namanya sistem informasi selalu penting untuk pendidikan. Maka dari itu bila Anda sedang membutuhkan sistem yang tepat untuk sekolah, silahkan menghubungi ke alamat https://monosolusi.com/contact secara langsung. Sehingga segala kebutuhan sistem informasi sekolah yang Anda butuhkan bisa langsung terpenuhi.


Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top