Risiko Belajar Online di rumah Tanpa Adanya Sistem yang Jelas

September 21, 2020

Agar kegiatan belajar online semakin nyaman, maka instansi sekolah harus bekerja sama dengan penyedia sistem infomasi sekolah terpercaya yakni PT Mono Solusi Indoneia.

Salah satu penyebab kegagalan dalam kegiatan belajar online adalah tidak adanya cara pengajaran yang jelas. Hal ini tentu membuat siswa merasa terbebani. Sebab, mereka tidak kurang tertarik dengan sistem secara daring. Sehingga banyak siswa mengalami penurunan kecerdasan.

Untuk itu, risiko belajar secara online di rumah tanpa adanya suatu sistem dan peraturan yang jelas terbilang cukup besar. Sebagai tenaga pendidik, maka Anda harus paham dan mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah yang ditimbulkan dari sistem daring di rumah.

Beberapa Risiko yang Mungkin Terjadi Akibat Sistem Belajar Online yang Tidak Jelas

Selama penerapan belajar berbasis online di rumah, banyak murid dan orang tua mengeluhkan ketidakjelasan cara dan peraturan mengenai daring di rumah. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan berbagai risiko-risiko yang mungkin terjadi selama kegiatan belajar mengajar online tetap diterapkan. 

Untuk itu, ini dia beberapa risiko karena cara kegiatan belajar mengajar secara online masih amburadul. Diantaranya adalah:

  1. Pengeluaran Harian Membengkak

Salah satu masalah yang kerap dikeluhkan oleh orang tua dan wali murid adalah pembelian kuota internet yang makin membengkak. Hal ini disebabkan karena intensitas penggunaan paket data yang cukup tinggi. 

Sehingga para orang tua dan wali murid harus membeli kuota internet tambahan. Hal ini disebabkan oleh ketidakjelasan sistem kegiatan belajar mengajar secara online yang diadopsi oleh pihak sekolah.


  1. Dapat Menyebabkan Kebosanan

Para murid kerap merasa bosan karena mereka hanya dapat bertatap muka dengan guru. Maka, pihak instansi sekolah membutuhkan aplikasi tambahan agar mereka dapat belajar melalui video teleconference. Sehingga, murid 1 kelas dapat mengikuti mata pelajaran tertentu.






  1. Kesulitan Dalam Mengikuti Materi Belajar

Ada beberapa materi pelajaran yang harus dipraktekkan langsung oleh para siswa. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan dengan metode pembelajaran online. Hal tersebut tentu sangat menyusahkan bagi para siswa. Sebab, mereka tidak dapat mengikuti materi pelajaran praktek.

Cara Mengatasi Masalah yang Ditimbulkan dari Ketidakjelasan Sistem Belajar Daring di rumah

Untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan dari ketidakjelasan sistem belajar mandiri di rumah. Maka, pihak instansi sekolah wajib mencari solusi untuk mengatasi risiko yang bisa saja terjadi imbas dari sistem belajar online di rumah. 

Salah satunya adalah dengan mengadopsi sistem informasi sekolah sebagai media penyebaran informasi tentang sekolah melalui satu pintu. Sistem informasi ini berguna sebagai media daring bagi para murid. Sebab, dalam sistem informasi sekolah tersebut terdapat beberapa fasilitas penunjang pendidikan bagi para siswa. 

Dengan adanya sistem informasi sekolah yang mumpuni ini tentu sangat menguntungkan semua pihak, termasuk bagi para guru, murid, dan orang tua (wali murid). Sebab, sistem informasi sekolah satu pintu ini memudahkan para guru untuk menginput nilai hasil evaluasi dan menyebarkan ke orang tua. 

Sedangkan bagi murid, mereka dapat dengan mudah mengirim hasil tugas langsung melalui sistem yang telah terintegrasi dengan sistem internal sekolah. Jadi, dengan adanya sistem informasi sekolah yang mumpuni, maka kegiatan belajar mengajar secara online pun semakin diminati oleh para murid. Hal ini tentu saja dapat memacu semangat ditengah ancaman virus corona yang sukar dikendalikan.

Fitur yang Disediakan Sistem Informasi Sekolah guna Mendukung Kegiatan Belajar Online 

Meskipun fungsi utama dari sistem informasi sekolah ini ditujukan sebagai media penyebaran informasi sekolah satu pintu. Namun, ada beberapa fitur yang disediakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar secara online. Fitur tersebut tentu dapat mengurangi risiko belajar mandiri di rumah. 

Fitur yang disediakan oleh sistem informasi sekolah adalah fitur live video teleconference. Fitur ini sangat membantu dalam kegiatan belajar online. Fitur ini memudahkan Anda untuk menyampaikan materi pelajaran. Sebab, semua murid dapat tergabung pada satu saluran video teleconference.

Kemudian, ada fitur e-rapor. Fitur e-rapor ini memudahkan para orang tua untuk mengecek hasil nilai dan evaluasi bagi para siswa. Dengan e-rapor, para orang tua dan wali murid dapat mengecek hasil nilai sang anak melalui smartphone.

Dan yang ketiga, ada fitur yang berguna sebagai media diskusi antara orang tua murid dengan para guru. Hal ini dapat dijadikan sebagai “wadah” untuk evaluasi dari kegiatan pembelajaran online. Jadi, para guru dan orang tua siswa dapat berdiskusi perihal evaluasi sistem daring agar tidak timbul risiko belajar secara mandiri di rumah.

PT Mono Solusi Indonesia, Solusi Penyedia Jasa Sistem Informasi Sekolah Terpadu dan Terbaik di Indonesia

PT Mono Solusi Indonesia merupakan jasa penyedia sistem informasi sekolah terpadu dan terbaik di Indonesia. Melalui layanan mono classroom, Anda akan mendapatkan berbagai fitur untuk menunjang kegiatan belajar online para siswa. Selain itu, Anda juga dapat melaporkan kegiatan sekolah secara langsung kepada orang tua siswa.

Sehingga, sistem informasi sekolah pun dapat diintegrasikan dengan sistem internal instansi sekolah tersebut. Sehingga dapat meminimalisisr risiko dari belajar daring mandiri dari rumah tentunya.

Bagi Instansi sekolah yang berminat untuk bergabung dan bekerja sama dengan PT Mono Solusi Indonesia terkait sistem informasi sekolah, maka Anda bisa langsung menghubungi kami di link https://monosolusi.com/contact atau bisa langsung ke kantor kami yang berlokasi di Pakuwon Tower, Unit OT11-09, Surabaya

Di musim pandemi virus corona, belajar di rumah merupakan langkah efektif untuk mencegah penyebaran virus. Untuk itu, instansi sekolah wajib memberikan beberapa fasilitas penunjang guna mencegah risiko penurunan kualitas belajar siswa. Untuk itu, bekerja sama dengan PT Mono Solusi adalah langkah jitu agar semangat belajar online siswa semakin meningkat.


Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top