Belajar Online di rumah, Solusi agar Pendidikan Anak Tetap Berjalan

September 20, 2020

Belajar online secara mandiri di rumah memang menjadi solusi agar pendidikan anak tetap berjalan.

Belajar online di rumah menjadi salah satu solusi agar pendidikan anak tetap berjalan di tengah ancaman virus corona. Virus corona yang menyebar sejak awal tahun ini tentu menghentikan kegiatan belajar mengajar. Akibatnya, cara belajar mengajar pun dilakukan di rumah dengan memanfaatkan jaringan internet.

Meskipun dipandang sebagai solusi terbaik untuk kegiatan belajar mengajar. Namun, cara belajar secara online ini dipandang kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan karena tidak adanya inovasi dalam metode pembelajaran online. 

Akibatnya, beberapa murid merasa kurang setuju dengan metode tersebut. Lalu, para orang tua juga kesulitan untuk memantau hasil nilai ujian harian hingga bulanan. Sebab, instansi tersebut tidak memiliki sistem informasi terpadu. Alhasil, banyak pihak merasa bahwa metode belajar di rumah tidak terlalu maksimal.

Cara agar Kegiatan Belajar Mengajar Secara Daring Dapat Disukai Oleh Para Murid 

Tak dapat dipungkiri bahwa metode secara online memang tidak disukai oleh mayoritas murid-murid dalam satu instansi. Sebab, mereka merasa “sia-sia” ketika mengikuti belajar online. Hal ini disebabkan karena tidak adanya metode secara online alternatif. Sehingga para murid terkesan belajar memahami materi secara individu.

Lalu, sebuah tugas yang diberikan oleh para guru juga terlalu banyak. Sehingga, murid-murid mengaku kesulitan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Tak heran bila banyak siswa tidak mengerjakan tugas-tugas tersebut. Alhasil, banyak siswa yang mengalami penurunan prestasi dalam kegiatan belajar mengajar. 

Untuk mengatasi hal tersebut, pihak sekolah wajib mengatasi masalah tersebut dengan cara menggunakan sistem info sekolah satu pintu. Sistem info ini berguna untuk menunjang kegiatan di rumah dengan sistem online.

Sistem Informasi Sekolah Satu Pintu, Cara Jitu untuk Menyampaikan Informasi Tentang Sekolah Secara Akurat

Salah satu hambatan belajar online adalah tidak adanya info akurat mengenai perkembangan belajar di rumah. Untuk itu, instansi diharapkan mengadopsi cara penyampaian info satu pintu.

Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi miss information dengan orang tua. Sehingga meminimalisir kesalahpahaman antara pihak sekolah dengan para orang tua. Rata-rata, orang tua menginginkan transparansi informasi mengenai kemajuan perkembangan dari sistem belajar secara online.

Dengan adanya sistem informasi satu pintu, maka para orang tua dan wali murid diminta untuk mempercayai informasi-informasi yang dirilis oleh sistem informasi yang digunakan instansi tersebut. Apabila ada informasi lain, maka dipastikan informasi tersebut mengandung unsur hoax.

Manfaat Penggunaan Sistem Informasi Sekolah untuk Meningkatkan Kegiatan Belajar Online

Selain berguna sebagai media penyaringan dan penyebaran informasi instansi. Sistem ini juga berguna untuk meningkatkan perencanaan dan kegiatan dalam belajar secara online di rumah. Sistem ini membantu para murid dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online.

Ada beberapa fitur dari sistem informasi sekolah yang dapat membantu para siswa dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar secara online. Salah satunya adalah fitur live video teleconference. Fitur ini memungkinkan para guru melakukan panggilan video dengan para murid dalam waktu bersamaan secara langsung. 

Lalu juga ada fitur e-rapor. Fitur ini merupakan fitur penyampaian raport elektronik melalui notifikasi yang diterima oleh orang tua siswa. Jadi, orang tua siswa tak perlu lagi ke sekolah untuk mengambil raport. Karena, dengan sistem informasi sekolah terbaru ini memudahkan Anda untuk mengambil raport sekolah hanya dengan mendonload salinan rekap nilai.

Dan yang terakhir adalah fitur database tugas-tugas siswa. Fitur sistem informasi sekolah juga memiliki fitur database yang menjadi “wadah” tugas sekolah para siswa. Sehingga, fitur ini memudahkan tugas para guru untuk merekap file tugas yang dikirim siswa. Alhasil, guru dapat mempercepat proses evaluasi hasil belajar online setiap harinya.

PT Mono Solusi Indonesia, Penyedia Jasa Developer Sistem Informasi Sekolah Berstandar Internasional Terpercaya

Guna meningkatkan sistem pembelajaran secara online, maka instansi sekolah dapat mengadopsi sistem informasi sekolah yang dikembangkan oleh PT Mono Solusi Indonesia. Melalui Mono Classroom, para orang tua dan siswa dapat menikmati berbagai macam kemudahan yang diberikan.

Seperti proses pengecekan nilai langsung terupdate secara otomatis dan proses pengecekan dapat dilakukan via smartphone. Terdapat fitur khusus sebagai forum diskusi antar guru mengenai penggunaan kurikulum dalam metode belajar online. Jadi, PT Mono Solusi Indonesia adalah perusahaan pilihan sebagai developer penyedia sistem informasi sekolah terpercaya.

Mengapa Sistem Informasi Sekolah yang Dikembangkan Oleh PT Mono Solusi Indonesia Wajib Digunakan?

Sistem informasi sekolah yang dikembangkan oleh PT Mono Solusi Indonesia ini memang sangat cocok untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara online. Sebab, ada berbagai fitur unggulan dari sistem informasi sekolah ini. Sehingga, kegiatan belajar mengajar secara online tidak membosankan dan menciptakan suasana interaksi belajar yang cukup nyaman.

Salah satu fitur unggulan dari sistem informasi sekolah yang dikembangkan oleh PT Mono Solusi Indonesia adalah fitur live video teleconference. Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan live video dengan teman dan guru. Sehingga Anda merasa seperti kegiatan belajar mengajar secara normal di sekolah.

Cara Menggunakan Sistem Informasi Sekolah dari PT Mono Solusi Indonesia 

Sangat mudah apabila Anda ingin menggunakan sistem informasi sekolah dari PT Mono Solusi Indonesia untuk kegiatan pembelajaran online. Anda dapat mendaftarkan diri melalui link https://monosolusi.com/contact atau bisa langsung datang ke kantor kami yang berada di Pakuwon Tower, Unit OT11-09, Surabaya

Belajar di rumah secara online memang menjadi solusi agar pendidikan anak tetap berjalan. Hanya saja, para murid mengeluh terkait fasilitas sekolah yang kurang mumpuni. Untuk itu, PT Mono Solusi Indonesia hadir memberikan solusi dengan sistem informasi sekolah yang dikembangkan untuk mendukung kegiatan belajar online suatu instansi sekolah.


Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top