September 7, 2020

Aplikasi Keuangan Sekolah untuk Meminimalkan Kesalahan Teknis Pencatatan Transaksi

Aplikasi Keuangan Sekolah (AKS) sedang menjadi perbincangan hangat di bidang pendidikan karena bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan. Perkembangan zaman yang semakin maju membuat teknologi pun semakin canggih dan dapat memberikan kemudahan bagi manusia dalam melakukan tugasnya, termasuk dalam sektor pendidikan atau sekolah. 

Dulunya, tenaga pendidik dan karyawan di sekolah melakukan tugasnya secara manual, termasuk dalam mencatat pembayaran siswa. Banyak kendala yang muncul saat sekolah melakukannya secara manual, misalnya menghabiskan banyak waktu dan tenaga serta memungkinkan terjadinya kesalahan teknis pencatatan transaksi yang fatal. 

Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, kenapa kita tidak mencoba untuk memanfaatkan aplikasi keuangan sekolah saja. Aplikasi ini tentu memiliki beragam fitur yang dapat membantu tenaga keuangan dalam melakukan pencatatan pembayaran siswa. Selain itu, berbagai kesalahan teknis pencatatan transaksi pun bisa dihindari dengan baik. 

Menghindari Kesalahan Menghitung Nominal

Di sekolah, tidak hanya melulu berkaitan dengan sistem pendidikan, tapi bagaimana sistem pembayaran yang ada karena setiap sekolah pasti membutuhkan pembayaran untuk kemajuan pendidikan di sekolah tersebut. Salah satunya dengan pembayaran siswa, misalnya pembayaran pembangunan, SPP bulanan, buku, dan pembayaran lainnya. 

Dalam setiap pembayaran, tentu akan ada informasi mengenai nominal yang dibayarkan. Setiap keperluan dan tingkatan pasti memiliki perbedaan dalam nominal, sedangkan petugas keuangan hanya terbatas sehingga sangat mungkin terjadi kesalahan dalam menghitung nominal. Berbeda jika sekolah memanfaatkan aplikasi keuangan sekolah untuk menghindari kesalahan tersebut. 

Aplikasi sudah didesain sedemikian rupa agar sesuai dengan nominal yang ditetapkan oleh sekolah. Misalnya saja, pembayaran SPP untuk tingkat pertama, tingkat kedua hingga tingkat akhir. Tenaga keuangan hanya perlu mencentang atau memberikan tanda bahwa siswa tersebut telah melakukan pembayaran dan kemudian aplikasi akan menghitung nominal tersebut.

Menghindari Kesalahan Typo

Dalam melakukan pembayaran, bukan hanya mengandung informasi dalam bentuk angka saja, melainkan juga huruf. Misalnya, untuk melakukan pencatatan keperluan pembayaran. Meskipun typo terkadang tidak mengganggu pemahaman kita terhadap apa yang ditulis, tapi typo menjadi bentuk ketidakprofesionalan tenaga keuangan dalam melakukan tugasnya sehingga sebisa mungkin harus dihindari.

Sayangnya, tenaga keuangan juga manusia yang terkadang sedang lelah, mengantuk atau ada keperluan lain yang menyita fokusnya sehingga terjadi kesalahan typo. Jadi, kesalahan menulis masih mungkin terjadi. Berbeda jika sekolah memanfaatkan aplikasi keuangan sekolah yang sudah di program sedemikian rupa sehingga mampu meminimalkan kesalahan ini. 

Pada awal pengaturan, Anda harus memasukkan input data atau informasi sehingga pada pelaksanaannya akan lebih mudah. Penulisan pada kuitansi, laporan pembayaran atau lainnya sudah dilakukan secara otomatis sehingga tidak akan terjadi kesalahan. Bahkan, ada fitur untuk mengecek kesalahan typo sehingga Anda bisa membenarkan nantinya. 

Menghindari Kesalahan Waktu dan Tanggal

Meskipun terdengar sepele, informasi mengenai waktu dan tanggal pembayaran ternyata sangat penting. Hal ini berguna untuk pembuatan laporan, evaluasi atau jika terjadi kesalahan sehingga lebih mudah untuk menelusur tanggalnya. Namun, bagaimana jika menuliskan waktu dan tanggalnya saja salah? Maka masalah akan semakin fatal terjadi. 

Meskipun sudah ada kalender di kantor atau di ponsel, tapi kesalahan itu masih saja terjadi karena terkadang kita saja lupa ini tanggal berapa dan hari apa. Untuk mencegah kesalahan tersebut terjadi, tidak ada salahnya jika sekolah memanfaatkan aplikasi keuangan sekolah yang sudah banyak digunakan oleh sekolah. 

AKS ini sudah dilengkapi dengan fitur waktu secara otomatis, baik jam, tanggal, bulan hingga tahun. Jadi, ketika Anda menginput data pembayaran siswa, maka secara otomatis akan dilampirkan waktunya secara lengkap, misalnya kapan data tersebut dimasukkan, kapan kuitansi tersebut dicetak sehingga tidak akan terjadi kesalahan.

Menghitung dengan Lebih Akurat

Apabila pencatatannya saja sudah salah, maka perhitungan uang yang masuk dan keluar juga bisa salah. Jika hal ini terjadi, maka keuangan sekolah akan mengalami masalah yang mungkin akan merugikan semua pihak. Kesalahan dalam menghitung tentunya akan mengacaukan evaluasi dan pembuatan laporan.

Kesalahan ini sebenarnya wajar terjadi apabila sekolah masih mengandalkan cara manual, apalagi jumlah siswa yang banyak sehingga cukup sulit bagi tenaga keuangan untuk menghitungnya satu per satu. Berbeda jika Anda memanfaatkan aplikasi keuangan sekolah, maka semua urusan menghitung akan lebih mudah dan lebih cepat. 

Aplikasi tersebut sudah didesain sedemikian rupa untuk membantu perhitungan secara akurat, baik pertambahan, pengurangan, kali, bagi dan lain sebagainya. Jadi, Anda tinggal memasukkan nominal atau angkanya, maka perhitungan akan dilakukan secara otomatis sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan bagaimana menghitung data siswa yang tidak sedikit. 

Mampu Menangani Transaksi Sangat Banyak

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, dalam sebuah sekolah tentu memiliki cukup banyak siswa, apalagi untuk tingkat SMP, SMA hingga universitas. Jumlah tenaga keuangan yang terbatas tentu akan kesulitan jika harus melayani semua siswa, meskipun waktu pembayarannya berbeda-beda. Namun, tetap saja hal ini membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga. 

Belum lagi jika terjadi kesalahan, maka tenaga keuangan akan mengulangi tugasnya hingga benar. Hal ini pasti akan lebih banyak menyita waktu dan tenaga, padahal laporan segera dibutuhkan untuk evaluasi. Untuk mengatasi semua masalah ini, sekolah bisa memanfaatkan aplikasi keuangan sekolah dalam sistem pembayarannya. 

Penggunaan aplikasi canggih ini tentu akan memudahkan tugas tenaga keuangan di sekolah, baik dalam melakukan pencatatan, mencetak kuitansi, pembuatan laporan, dan lain sebagainya. Semakin mudah tugas yang dilakukan, maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut juga semakin cepat. 

Bagi Anda yang mulai tertarik dengan aplikasi untuk memudahkan bidang keuangan ini, tentu harus mengetahuinya lebih dalam lagi. PT. Mono Solusi Indonesia bisa menjadi solusi untuk memahami lebih lanjut mengenai aplikasi tersebut. Anda bisa langsung mengunjungi https://monosolusi.com/contact untuk mendapatkan informasi tentang Aplikasi Keuangan Sekolah.


Latest Posts

Have Problems?

Problems are not meant to be solved alone. Don't worry, we are here to give you the best solution ever.