August 28, 2020

Saat Memilih Sistem Informasi Sekolah Penting untuk Memperhatikan Fungsionalitas

Sistem Informasi Sekolah sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sistem seperti ini harus dimiliki setiap lembaga pendidikan dalam rangka mengelola kegiatan belajar mengajar sehingga efektif dan efisien. Memudahkan siswa menerima segala informasi yang dibutuhkan sehubungan dengan aktivitas belajar. Lebih cepat karena dapat diakses kapanpun di manapun. 

Mengakomodasi kebutuhan siswa dengan kemajuan teknologi semakin meningkatkan branding sekolah baik di mata siswa maupun orang tua. Kegiatan belajar semakin menarik didukung fitur-fitur kekinian sesuai selera anak muda. Hasil kegiatan belajar menjadi lebih cepat diketahui bahkan bisa didapatkan real time. Tidak perlu melalui administrasi yang panjang.

Sistem informasi yang digunakan di sekolah juga memberi keleluasaan bagi para orang tua memantau perkembangan belajar putra-putrinya. Mulai dari presensi, kegiatan belajar, hasil evaluasi belajar dan administrasi lainnya. Secara realtime dan transparan pihak sekolah memberikan data akurat. Sehingga orang tua tidak perlu dating langsung ke sekolah.

Kemajuan teknologi informasi ini tak kalah penting bagi tenaga pengajar dan sekolah. Meringankan beban kerja sehingga program pendidikan masing-masing sekolah bisa dilaksanakan dengan maksimal sesuai visi misinya. Memilih sistem informasi terbaik bagi sekolah perlu disesuaikan dengan fungsionalitasnya bukan sekedar memanfaatkan promo menarik.

Alasan Sistem Informasi Populer di Sekolah

Pentingnya sistem informasi sekolah menuntut penerapan yang efektif. Masing-masing sistem memiliki kelebihan yang bisa disesuaikan dengan profil sekolah. Apa kebutuhan siswa dan tenaga pengajar serta orang tua harus diakomodasi dengan tepat. Sehingga semua pihak yang terlibat dalam kegiatan belajar mengajar mendapatkan manfaatnya.

Alasan utama penerapan sistem informasi di sekolah adalah memudahkan pengelolaan data. Dengan pemanfaatan sistem informasi pekerjaan staff dan tenaga pengajar menjadi lebih ringkas. Menyimpan dan mengeluarkan kembali data yang diperlukan bisa lebih cepat. Penyusunan data lebih rapi dan terstruktur secara otomatis.

Memudahkan penyimpanan database sekolah. Data guru, staff, siswa, semua data yang berhubungan dengan akademik, kurikulum, data administrasi sekolah, asset dan sebagainya. Penyimpanan yang terintegrasi dengan sistem informasi lebih mudah dikelola. Pemantauan setiap ada perubahan bisa segera dilakukan dalam waktu singkat.

Sistem informasi sekolah menjadi media komunikasi yang lebih baik antara pihak sekolah dengan siswa, orang tua maupun masyarakat. Informasi terkait sekolah dan segala aktivitasnya bisa didapatkan secara transparan oleh pihak yang membutuhkan. Meningkatkan kepercayaan masyarakat secara umum terhadap kualitas pelayanan sekolah.

Sistem informasi yang diterapkan sekolah memberi kebebasan orang tua serta guru dalam memantau perkembangan pendidikan siswa secara akurat. Siswa secara mandiri dapat mengukur tingkat keberhasilan belajarnya. Memberi ruang kepada siswa untuk menentukan minat dan bakat dalam belajar. Sehingga dapat berperan aktif selama proses belajar.

Informasi pendidikan bisa tersampaikan secara langsung kepada masyarakat dan orang tua siswa. Sekaligus sebagai branding sekolah, mengenalkan keragaman kegiatan dan menunjukkan kualitas sekolah secara transparan dan realtime. Nantinya akan menjadi bahan pertimbangan para orang tua dalam memilih sekolah bagi putra-putrinya.

Pentingnya Fungsionalitas Saat Memilih Sistem Informasi

Memilih sistem informasi sekolah harus memperhatikan fungsionalitasnya. Sehingga tepat sasaran penggunaannya sebab masing-masing software memiliki spesifikasi khusus yang pemanfaatannya berbeda. Meskipun terintegrasi dengan beberapa fungsi tetapi ketepatan pemilihan akan memaksimalkan penggunaannya. Terutama untuk sekolah yang penerapannya lebih banyak untuk kebutuhan administrasi data.

Sistem informasi yang dipilih harus mencakup semua modul sesuai fungsinya. Mulai dari pencatatan data pribadi siswa, guru dan staff, program belajar mengajar, kegiatan pendidikan, administrasi keuangan siswa, evaluasi belajar, nilai akhir dan sebagainya. Masing-masing sekolah memiliki tujuan penerapan berbeda dalam sistem informasi sesuai visi misi.

Menentukan sistem informasi sekolah sesuai fungsinya lebih efisien biaya. Dalam software sistem informasi ada banyak modul yang bisa digunakan masing-masing perusahaan. Keragaman modul ini memberi konsekuensi terhadap biaya. Semakin banyak yang digunakan tentu biayanya lebih banyak. Tentukan modul penting dan utama terlebih dahulu.

Maka penting untuk memilih modul yang tepat fungsi supaya beban biaya tidak semakin bertambah. Tidak perlu membayar modul yang tidak digunakan seperti halnya pada perusahaan komersial. Efisiensi biaya penting dilakukan sebab penggunaan sistem informasi seperti ini akan diperlukan dalam jangka panjang.

Bagi penerapan di sekolah harus memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan. Program belajar mengajar masing-masing sekolah menentukan sistem apa yang dibutuhkan. Misalnya sekolah bilingual dengan sekolah umum, berbeda kebutuhan dalam administrasi dan evaluasi belajar. Sekolah tingkat dasar dengan menengah juga berbeda penerapannya.

Hal Penting Saat Memilih Aplikasi Sistem Informasi Sekolah

Seperti diketahui bahwa pemilihan aplikasi sistem informasi di sekolah berhubungan dengan efisiensi biaya maka sesuaikan dengan anggaran. Pilih aplikasi ramah anggaran tetapi harus diperhatikan kualitas sistem yang ditawarkan. Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan penyedia aplikasi sebelum menentukan penggunaannya.

Pilih software sistem informasi dengan fitur yang mudah. Penggunaan jangka panjang pastinya memerlukan software terpercaya yang mudah digunakan oleh siapa saja. Bukan hanya oleh pihak sekolah dan para siswa tetapi juga orang tua dan masyarakat umum. Sebab informasi pendidikan dan sekolah nantinya harus terbuka.

Sistem informasi yang digunakan harus dapat mengakomodasi kebutuhan semua pihak. Mulai dari warga di lingkungan sekolah, orang tua siswa, masyarakat dan pemerintah setempat. Sehingga memudahkan pengawasan kegiatan pendidikan di dalam sekolah oleh pihak luar. Sekaligus sebagai branding dan jaminan kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh  sekolah.

Software berkualitas menentukan mutu pelayanan sekolah. Perhatikan terlebih dahulu sebelum memilih supaya tepat dengan tujuan pelayanan sekolah sekaligus sesuai anggaran pendidikan. Untuk mendapatkan informasi mengenai sistem informasi sekolah, Anda dapat menghubungi PT. Mono Solusi Indonesia melalui https://monosolusi.com/contact.


Latest Posts

Have Problems?

Problems are not meant to be solved alone. Don't worry, we are here to give you the best solution ever.