Pentingnya Sistem Informasi Sekolah agar Manajemen Lebih Baik

September 12, 2020

Mengulas seberapa penting penggunaan sebuah Sistem Informasi Sekolah dalam memberikan kemudahan baik bagi sekolah, orang tua, siswa maupun manajemen.

Penggunaan Sistem Informasi Sekolah ternyata bukan hal baru lagi dan memang dapat membantu memberikan kemudahan. Sudah banyak sekolah yang menggunakan sebuah sistem dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Sehingga manajemen dibuat lebih mudah, praktis, data akurat, tersimpan rapi dan menghemat tenaga maupun waktu.

Ternyata masih banyak juga sekolah yang belum menggunakan karena memang tidak tahu seberapa pentingnya. Terlebih lagi menggunakan sistem pada informasi sekolah dianggap lebih ribet dan sulit digunakan. Perubahan memang tidak mudah namun jika dilakukan menjadi lebih baik pada manajemen tentu tidak salah untuk dicoba.

Lantas seberapa penting penggunakan Sistem Informasi Sekolah dan bagaimana cara penerapan yang baik? Semua akan dijelaskan di bawah ini sebagai gambaran umum tentang penggunaannya dan juga manfaatnya. Sehingga tahu betul sebelum benar-benar diterapkan karena bisa digunakan secara internal maupun kepentingan eksternal.

Apa yang Dimaksud dengan Sebuah Sistem untuk Informasi Sekolah?

Secara garis besar Sistem Informasi Sekolah adalah sebuah sistem yang sengaja digunakan untuk meringankan pekerjaan. Dimaksud adalah pekerjaan dari admin, guru, kepala sekolah, staff, siswa dan juga termasuk orang tua. Semua informasi yang tersedia pada sistem ini dibuat baik untuk internal maupun informasi eksternal.

Pada intinya sistem informasi akan memberikan kemudahan dalam hal penyampaian kepada tiga pihak sekaligus. Jadi informasi tidak lagi dua arah, namun sekarang menjadi tiga arah antara sekolah, siswa dan orang tua. Dengan begitu diharapkan informasi apapun yang diberikan menjadi lebih jelas, cepat dan akurat.

Di dalam sistem informasi manajemen sekolah juga bertujuan untuk memberikan komunikasi yang efektif antara tiga pihak tersebut. Terdapat fitur khusus di dalamnya jadi bisa diberikan dalam bentuk SMS, email atau pemberitahuan khusus. Jadi segala informasi mengenai kegiatan sekolah bisa langsung diketahui secara bersamaan tanpa hambatan. 

Sistem untuk Informasi Sekolah Sangatlah Penting

Penggunaan Sistem Informasi Sekolah sangatlah penting bagi manajemen dalam bidang pendidikan itu sendiri. Hal ini jelas didasari oleh berbagai alasan yang berbeda-beda sehingga perlu diketahui sebelum digunakan. Di bawah ini ada beberapa penyebab kenapa sistem sangat dibutuhkan dan dapat dijadikan gambaran seberapa penting bagi sekolah.

  1. Laporan kehadiran semakin dipermudah

Sebuah laporan kehadiran dari ratusan hingga ribuan siswa terkadang sangat menyulitkan jika dikerjakan manual. Jika Anda menggunakan sistem yang membantu merekam serta melihat kembali daftar siswa sudah hadir. Tentu akan lebih mudah karena informasi yang diberikan jauh lebih spesifik dari kelas, gender, tanggal dan lainnya.

  1. Pekerjaan rumah lebih mudah

Adanya Sistem Informasi Sekolah akan memudahkan dalam manajemen pekerjaan rumah, tugas atau proyek. Ada fitur yang menyediakan khusus untuk manajemen ini seperti mengunduh, donwload atau upload. Jadi kegiatan mengenai pekerjaan rumah akan jauh lebih tertata dan dimanajemen dengan baik antara guru dengan siswa.

  1. Manajemen ujian semakin baik

Fitur dari sistem ini sangat penting karena mampu melakukan manajemen ujian dengan sangat baik. Apapun bentuk ujiannya bisa dimasukkan dan jika ujian dilakukan di dalam sistem semakin mudah perhitungannya. Jadi semua akan tersimpan baik dan bisa diakses baik oleh guru, siswa maupun orang tua.

  1. Kemudahan dalam sistem pembayaran

Tahukah Anda kalau sistem untuk informasi sekolah ternyata juga akan memberikan kemudahan pada pembayaran. Para orang tua tidak perlu lagi datang ke sekolah maupun antri di bank karena disediakan pembayaran online. Ada juga fitur sms yang dapat membantu mengingatkan orang tua perihal tagihan pembayaran tertunda.

  1. Memudahkan penerimaan siswa baru

Sistem Informasi Sekolah menyediakan database khusus yang dapat digunakan untuk mendata siswa baru. Proses awal penerimaan siswa baru sampai dengan akhir mereka lulu sudah menggunakan manajemen dengan baik. Jadi tidak perlu lagi menggunakan banyak kertas atau takut kalau ada nama siswa baru terselip.

Hal-Hal Perlu Diperhatikan dalam Penerapan Sistem Informasi Manajemen Sekolah

Ada banyak software yang ditawarkan untuk digunakan sebagai Sistem Informasi Sekolah sehingga harus diperhatikan. Jangan sampai membeli kemudian digunakan pada sistem manajemen ternyata tidak bekerja secara maksimal. Oleh sebab itu gunakan beberapa poin di bawah ini sebagai pertimbangan dalam pembelian sebuah software untuk jangka panjang.

  1. Pelatihan

Setiap kali akan menggunakan software baru dengan tujuan kemudahan manajemen tentu harus perhatikan pelatihan. Perhitungkan bagaimana metode pelatihan yang akan digunakan termasuk biaya dikeluarkan. Tentukan dari awal mengingat pelatihan terkadang membutuhkan waktu tergantung dari SDM, agar penerapan sistem bisa berjalan dengan baik.

  1. Keamanan

Perlu diperhatikan tingkat keamanan berdasarkan kewenangan yang berbeda-beda antar pengguna atau user. Misal kewenangan yang diberikan kepada kepala sekolah, staff, admin, guru jelas harus dibedakan dengan orang tua dan siswa. Mengingat data yang digunakan dalam bentuk sharing sehingga harus benar-benar diperhatikan demi keamanan.

  1. Pelayanan

Membeli sebuah software tentu juga harus memperhatikan bagaimana pelayanan yang diberikan oleh penjual. Hal ini sangat penting karena terkadang kerap kali mengalami gangguan ataupun kesalahan teknis pada input data. Jangan sampai penjual software tidak mau memberikan pelayanan sehingga sekolah menjadi kesulitan sendiri.

  1. Biaya 

Hal lain yang sangat penting yaitu dari segi biaya pembelian software, pelatihan hingga sampai bisa digunakan dengan baik. Lakukan perbandingan antara harga software dengan kualitas yang ditawarkan agar bisa menemukan yang terbaik. Cari tahu sedetail mungkin dari kelebihan dan kekurangan maupun untung serta ruginya.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang software sistem informasi manajemen pada sekolah. Bisa menghubungi PT. Mono Solusi Indonesia melalui https://monosolusi.com/contact dan dapatkan informasi lebih mendetail lagi. Jangan ragu untuk gunakan Sistem Informasi Sekolah agar manajemen menjadi lebih baik menggunakan teknologi modern.

Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top