Pentingnya Sistem Belajar Online agar Murid Tidak Jenuh

September 19, 2020

Belajar online merupakan cara yang tepat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kejenuhan menjadi salah satu hambatan dalam menjalankan belajar online dari rumah. Sebab, para murid hanya dituntut untuk memahami materi pelajaran tanpa adanya penjelasan dari guru mata pelajaran tertentu. Akibatnya, banyak murid yang kurang paham akan materi pelajaran yang dibahas.

Hal ini tidak lepas dari buruknya sistem belajar secara daring yang digunakan oleh instansi sekolah tersebut. Hal ini tentu jelas berpengaruh pada tingkat kecerdasan dan pemahaman siswa. Maka tak heran bila banyak murid merasa jenuh dengan metode pelajaran online yang seperti itu-itu saja karena tidak adanya inovasi metode.

Cara Mengatasi Kejenuhan yang Dialami Murid-Murid Ketika Belajar Online di rumah

Sebagai tenaga pengajar, Anda harus paham bagaimana cara mengatasi kejenuhan yang kerap dialami oleh para murid ketika belajar via smartphone. Hal tersebut tentu dapat menghambat proses kegiatan belajar mengajar. 

Maka dari itu, ini dia beberapa cara mengatasi kejenuhan yang kerap melanda para murid terkait sistem daring. Diantaranya adalah :

  1. Mengatur Jadwal Belajar Daring

Agar para siswa tidak merasa bosan ketika belajar di rumah, maka Anda harus mengatur jadwal yang pas. Pastikan semua siswa setuju dengan jam belajar online yang disepakati bersama. 


  1. Memperbanyak Interaksi dengan Siswa

Selain itu, sebagai tenaga pengajar ini dituntut untuk menciptakan suasana yang nyaman dengan cara memperbanyak interaksi dengan siswa. Meskipun kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online, namun Anda tetap dapat berinteraksi dengan siswa agar mereka tidak bosan.


  1. Mengurangi Bobot Tugas

Rata-rata, para murid merasa bosan dengan sistem belajar secara online karena tugas yang diberikan pengajar terlalu berlebihan. Tugas-tugas inilah yang menyebabkan mereka bosan karena selalu mengerjakan materi tugas yang tidak dikuasai. 

Alhasil, banyak murid merasa bosan karena terlalu sukar mengerjakan tugas yang belum diterangkan oleh guru. Untuk itu, kurangi bobot tugas dan perbanyak interaksi dengan siswa agar mereka tidak bosan.


  1. Menggunakan Aplikasi Khusus untuk Terhubung Dengan Semua Murid

Ada beberapa siswa yang merasa malu apabila belajar daring dengan guru secara individu. Untuk itu, akan lebih baik apabila para guru menggunakan aplikasi khusus untuk terhubung dengan semua murid melalui aplikasi video call bersama. Untuk mendapatkan aplikasi live video bersama, maka Anda dapat mengadopsi aplikasi dari sistem informasi sekolah.

Pentingnya Sistem Informasi Sekolah untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar Secara Online

Sistem informasi sekolah ini sangat mendukung kegiatan belajar mengajar secara online. Sebab, sistem tersebut berguna untuk menyampaikan hasil evaluasi kepada orang tua selama kegiatan belajar mengajar via online. 

Selain itu, sistem informasi sekolah juga memudahkan para murid ketika proses kegiatan ini dilakukan. Sebab ada salah satu fitur yang cukup membantu, yakni fitur live video conference. Fitur tersebut memungkinkan para murid untuk terhubung dengan guru atau murid lainnya dalam satu saluran video. 

Sehingga proses belajar online lebih seru dan menarik untuk diikuti oleh para siswa. Jadi, mereka tidak merasa bosan dengan sistem belajar secara online. Sistem informasi sekolah ini juga membantu para guru dalam menentukan metode pembelajaran serta penginputan evaluasi belajar harian siswa. 

Dengan penggunaan sistem informasi sekolah, maka para guru, murid, hingga orang tua merasa terbantu dengan adanya informasi mengenai kepentingan urusan sekolah, terutama bagi instansi sekolah satu pintu. Jadi, orang tua kini dapat dengan mudah mengecek nilai sang anak dengan membuka website situs informasi sekolah kapanpun dan di manapun.

PT Mono Solusi Indonesia, Perusahaan Penyedia Layanan Sistem Belajar Online Terbaik dan Terpercaya

Seiring dengan ketidakjelasan informasi mengenai kebijakan kegiatan belajar mengajar. Maka, instansi sekolah wajib memiliki sistem informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Hanya saja, beberapa instansi sekolah masih belum mengadopsi sistem penyampaian informasi terkait kegiatan sekolah secara akurat.

Akibatnya, para wali murid kesulitan untuk mencari tahu hasil evaluasi belajar sang anak ketika mengadopsi metode belajar secara online. Untuk itu, PT Mono Solusi Indonesia hadir sebagai developer aplikator website penyedia sistem informasi sekolah satu pintu. Jadi, PT Mono Solusi Indonesia menyediakan space untuk instansi sekolah sebagai media informasi.

Dengan menggunakan sistem informasi sekolah yang dikembangkan oleh PT Mono Solusi Indonesia, maka instansi sekolah tersebut dapat menyampaikan informasi terupdate. Informasi tersebut dapat berupa pengumuman, informasi nilai, hingga e-rapor hasil ujian siswa.

Fitur Unggulan dari Sistem Informasi Sekolah yang Dikembangkan Oleh PT Mono Solusi Indonesia

Sangat tepat apabila Anda menggunakan sistem informasi sekolah yang dikembangkan oleh PT Mono Solusi Indonesia. Sebab, sistem informasi sekolah yang dikembangkan oleh PT Mono Solusi Indonesia ini sangat cocok dengan sistem belajar online yang digunakan oleh beberapa instansi sekolah.

Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh PT Mono Solusi Indonesia melalui layanan Mono Classroom. Salah satunya adalah fitur “parent notification”. Fitur ini memberikan informasi terbaru terkait perkembangan sang anak melalui kegiatan belajar mengajar secara online.

Ada fitur live video (LV) yang memungkinkan tenaga pengajar untuk memberikan materi melalui sambungan video secara bersamaan dengan para murid melalui satu saluran. Dan ada fitur bank soal yang dapat Anda jadikan sebagai bahan drill materi pembelajaran bagi para murid.

Cara Bergabung dan Berlangganan dengan Sistem Informasi Sekolah dari PT Mono Solusi Indonesia

Cara bergabung dan berlangganan dengan PT Mono Solusi Indonesia terkait sistem informasi sekolah ini cukup mudah. Anda hanya perlu menghubungi kami terkait jenis sistem informasi yang Anda butuhkan dan Anda hanya tinggal klik https://monosolusi.com/contact

Selain itu, Anda juga dapat langsung ke alamat kantor kami di Pakuwon Tower, Unit OT11-09, Jl. Embong Malang No 21 – 31, Surabaya untuk berkonsultasi mengenai sistem informasi sekolah lebih lanjut.

Di musim pandemi virus corona, belajar di rumah merupakan cara yang tepat untuk mencegah penyebaran virus corona. Agar orang tua dapat memantau hasil evaluasi belajar sang anak, maka instansi sekolah harus bekerja sama dengan PT Mono Solusi Indonesia sebagai penyedia sistem informasi sekolah terkait kegiatan belajar online para siswa.

Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top