Manfaat Web Sekolah Bagi Murid, Guru, dan Orang Tua

September 1, 2020

Berbagai manfaat web sekolah jika dilihat dari sudut pandang siswa, guru, orang tua murid, dan sekolahan itu sendiri serta beberapa tips penting lainnya.

Web sekolah memiliki peranan besar dalam dunia pendidikan di era modern ini. Karenanya tak mengherankan jika kemudian ada banyak sekali sekolahan yang membuatnya saat ini. Tak hanya sekolah negeri saja, bahkan institusi pendidikan swasta juga membuatnya.

Bahkan kini ada banyak juga pesantren yang membuat website untuk kepentingan kegiatan belajar mengajar mereka. Sebenarnya apa manfaat utama dari website seperti ini untuk pendidikan? Sudah tentu manfaatnya inilah yang menjadi alasan utama kenapa banyak sekali institusi yang membuatnya.

Hal ini sangat menarik untuk dibahas karena ternyata masih ada sekolah yang belum memiliki website mereka sendiri. Pada kesempatan kali ini kami akan melakukan pembahasan mengenai manfaat dari web sekolah itu sendiri untuk kepentingan murid, guru dan orang tua murid. 

Dengan memahami apa saja manfaat dari pembuatan web bagi sekolahan, kami yakin Anda tidak akan ragu lagi untuk segera membuatnya. Lantas apa saja manfaat-manfaatnya tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Web Bagi Murid

Hal pertama yang menarik untuk dibahas adalah manfaat dari website sekolahan untuk para murid. Saat ini, hampir semua pendidikan berkualitas memiliki website. Dari sudut pandang murid, keberadaan web ini memudahkan mereka untuk mengakses banyak hal.

Pertama, tentunya dapat melakukan komunikasi dengan para guru saat mereka sedang tidak ada di sekolah. Ada beberapa jenis website yang memberikan fitur komunikasi antara guru dan murid dengan mudah. Hal ini sudah tentu akan meningkatkan kinerja KBM dengan sangat signifikan.

Tidak hanya itu saja, keberadaan web sekolah juga membuat murid bisa dengan mudah mengakses berbagai tugas yang diberikan oleh para guru. Biasanya ada ruang khusus yang bisa diakses oleh para murid untuk melihat apa saja program kerja para guru kedepannya, dan apa yang harus mereka lakukan untuk mengikuti program kerja tersebut.

Bahkan para murid bisa dengan mudah mengapresiasikan pemikiran mereka melalui website sekolahan ini. Pemikiran mereka bisa dipublikasikan melalui sekolah. Secara tidak langsung, hal ini bisa meningkatkan taraf pendidikan di mata umum. 

Manfaat Web Bagi Guru

Selain bermanfaat untuk para murid, keberadaan website di sekolah ternyata juga memiliki manfaat sangat besar bagi para guru. Dengan adanya website seperti ini, para guru bisa dengan mudah mengaplikasikan kurikulum pendidikan terhadap murid. 

Mereka bisa menyimpan data pelajaran secara online sehingga murid bisa mengaksesnya secara online. Hal ini juga sangat bermanfaat di sisi KBM. Dengan keberadaan web sekolah, institusi bisa menyediakan ruang meeting secara online agar guru dan murid bisa melakukan komunikasi secara langsung meskipun berhalangan hadir.

Di sisi lain, para guru juga bisa lebih mudah untuk memberikan tugas kepada murid jika lupa. Mereka hanya perlu mengakses setiap tugas yang perlu dikerjakan melalui ruang khusus pada website sekolah itu sendiri. Jadi murid-murid bisa mengerjakannya di rumah.

Murid juga tidak perlu repot membawa tugas ke sekolahan. Mereka hanya tinggal mengupload tugas yang diberikan oleh guru tersebut melalui link yang sama dengan apa yang sudah guru bagikan. Ada teknik pemrograman khusus yang bisa diterapkan agar hal ini menjadi mungkin.

Manfaat Web Bagi Orang Tua Murid

Bagi orang tua murid, ternyata keberadaan web sekolah ini tidak kalah besar manfaatnya. Mereka bisa dengan mudah berkomunikasi dengan guru terkait perkembangan belajar anak mereka sendiri. Bahkan komunikasi dengan para guru khususnya wali murid dan guru BK bisa dilakukan secara livechat.

Di sisi lain, orang tua juga bisa memantau secara jelas bagaimana dan apa saja yang Anda mereka lakukan selama berada di sekolah melalui laporan para guru yang di upload melalui website sekolahan tersebut. 

Bahkan mereka juga bisa melakukan pengecekan tagihan sekolah, serta berbagai tagihan pendidikan lainnya secara online dengan berbasis pada situs ini. Kemudahan-kemudahan inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan kenapa banyak juga orang tua yang sangat mendukung keberadaan website sekolah ini.

Manfaat Web Bagi Sekolah

Di samping tiga sudut pandang di atas, sudah bisa dipastikan jika keberadaan web sekolah ini memiliki manfaat sangat besar. Manfaat pertama bisa didapatkan oleh sekolah dari keberadaan website ini adalah dari segi publikasi.

Sekolah bisa dengan mudah melakukan pemasaran pendidikannya melalui web. Terlebih untuk sekolah yang baru berdiri, hal ini jauh lebih potensial untuk menjaring peserta didik baru. Karena media online menjadi salah satu media yang banyak diakses saat ini. Potensi Anda untuk menjaring siswa baru melalui website ini sangatlah potensial.

Selain biayanya yang jauh lebih murah, keberadaan website juga akan memudahkan para siswa baru dan orang tua murid untuk menemukan sekolah dengan mudah. Secara tidak langsung, keberadaan situs pendidikan seperti ini juga akan meningkatkan kredibilitas pendidikan secara signifikan.

Terlebih jika Anda bisa membuat website benar-benar profesional dan memperlihatkan kredibilitas pendidikan Anda. Hal ini sudah tentu akan sangat meningkatkan taraf kepercayaan masyarakat terhadap sekolah Anda. Jangan lupa, lengkapi semua elemen website yang Anda miliki. Gunakan juga domain .sch untuk meningkatkan kredibilitas.

Untuk Anda yang sedang memiliki kebutuhan terkait website sekolah ini, Anda bisa menghubungi Mono Solusi Indonesia dengan segera melalui https://monosolusi.com/contact. Kami telah lama melayani kebutuhan website sekolah di berbagai lokasi Indonesia dengan harga sangat bersahabat. Hanya Mono Solusi Indonesia yang bisa memberikan web sekolah terbaik untuk Anda.


Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top