Manfaat Sistem Informasi Sekolah dalam Mendukung KBM Online

September 11, 2020

Sistem informasi sekolah ini berfungsi untuk merekap, media belajar, hingga media penyampai informasi sekolah berbasis online.

Di musim pandemi virus corona, sistem informasi sekolah sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM) di rumah secara online. Sistem ini sangat membantu dalam kegiatan belajar secara online, khususnya bagi guru, murid, hingga orang tua murid tersebut. 

Oleh sebab itu, kegiatan belajar mengajar secara online dengan menerapkan sistem  penyampaian informasi sekolah ini dapat mewujudkan sistem manajemen pendidikan sekolah berbasis online, mengacu pada perkembangan teknologi 4.0.

Jadi, dengan digunakannya sistem penyampaian informasi sekolah secara online. Maka, para guru, murid, hingga orang tua pun mendapatkan manfaat tersendiri. Untuk itu, pihak sekolah dapat menerapkan dan mempelajari sistem informasi seputar kegiatan sekolah via daring. 

Manfaat Menggunakan Sistem Informasi Sekolah dalam Kegiatan Belajar Mengajar Secara Online

Tentu sangat sulit untuk menerapkan kegiatan belajar mengajak via daring di musim pandemi virus corona ini. Kesulitan yang dialami guru adalah melakukan rekap data dan menyampaikan hasil evaluasi murid.

Selain itu, murid juga cukup sulit untuk belajar dari rumah karena tidak ada aplikasi khusus untuk membantu mereka ketika mempelajari salah satu materi pelajaran. Dan orang tua pun juga mengaku kesulitan untuk melihat hasil progress perkembangan sang anak. 

Sebab, mereka tidak diberi tahu hasil nilai yang didapatkan anak-anak ketika selesai mengerjakan tugas. Alhasil, sistem pendidikan secara online ini cukup sulit dalam penyampaian informasi hasil evaluasi pengajaran. 

Untuk itu, dibutuhkan suatu sistem informasi sekolah modern untuk membantu menyampaikan informasi seputar pendidikan online. Maka dari itu, inilah beberapa manfaat menggunakan sistem informasi dari sekolah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Untuk Guru

Guru memiliki space khusus untuk memberikan nilai evaluasi harian tugas-tugas siswa. Hasil evaluasi tersebut akan diupload pada sistem informasi yang digunakan oleh pihak sekolah. Sehingga orang tua dapat dengan mudah melihat hasil evaluasi yang diberikan oleh guru.



  1. Untuk Murid

Para murid dapat mengetahui hasil evaluasi belajar yang diposting oleh bapak atau ibu guru. Dari hasil evaluasi tersebut, para murid dapat belajar kembali agar mendapatkan nilai maksimal. Dengan sistem penyampaian informasi ini, murid tidak perlu lagi menghubungi guru untuk menanyakan nilai ujian atau evaluasi belajar.


  1. Orang Tua

Memang, orang tua berhak tahu hasil belajar anak. Dengan adanya sistem penyampaian informasi yang digunakan oleh pihak sekolah, maka orang tua pun dapat melihat sejauh mana progress sang buah hati dalam menuntut ilmu via online.

Seberapa Penting Sistem Penyampaian Informasi Sekolah dalam Kegiatan Belajar Mengajar Secara Online ?

Sistem informasi sekolah ini sangat penting untuk diterapkan pada beberapa sekolah yang menerapkan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Sebab, sistem belajar mengajar daring ini tentu menyulitkan semua pihak, terutama bagi guru untuk memberikan hasil evaluasi belajar. 

Dengan menggunakan sistem penyampaian informasi sekolah berbasis aplikasi online, maka para murid dan orang tua dapat mengecek semua informasi tentang sekolah. Mulai dari kalender pendidikan, bank soal, hasil rekap nilai siswa atau e-rapor, detail kurikulum yang digunakan sekolah, hingga berita terbaru mengenai informasi sekolah.

Jadi, peran sistem informasi sekolah ini sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar secara online. Tanpa adanya sistem penyampaian informasi sekolah, para guru, murid, hingga orang tua akan kesulitan untuk menginput dan mengetahui hasil dan evaluasi dari kegiatan belajar mengajar online.

PT Mono Solusi Indonesia, Developer yang Membantu Anda Terkait Sistem Penyampaian Informasi Sekolah 

Memang, ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang penyedia sistem penyampaian informasi sekolah. Namun, tidak semua perusahaan tersebut memiliki kelebihan dan manfaat tersendiri bagi sekolah yang menerapkan KBM daring. 

Bagi Anda yang ingin menerapkan sistem informasi sekolah satu pintu, maka Anda dapat bekerja sama dengan PT Mono Solusi Indonesia. PT ini adalah perusahaan developer yang bergerak di bidang digital untuk membantu instansi sekolah dalam penyampaian hasil kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online.

Mengapa Anda Harus Memilih PT Mono Solusi Indonesia Sebagai Developer Aplikator Penyampai Informasi Sekolah ?

Sangat tepat apabila Anda memilih PT Mono Solusi Indonesia sebagai developer aplikator yang bertugas untuk menyampaikan sistem informasi sekolah secara online. Sebab, website penyampai informasi sekolah yang disediakan oleh PT Mono Solusi Indonesia ini sangat aman dan terenkripsi. 

Sehingga, data-data yang Anda upload pada website PT Mono Solusi Indonesia tidak akan bocor. Selain itu, ada beberapa fitur tambahan yang diberikan oleh PT ini kepada para klien, mulai dari fitur raport elektronik, penyampaian hasil nilai secara langsung kepada orang tua, pengajaran langsung via live video, hingga adanya bank soal untuk dikerjakan para siswa. 

Meskipun kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Namun, pihak sekolah harus tetap mengupdate hasil pembelajaran para murid kepada orang tua. Dengan menerapkan sistem penyampaian informasi sekolah secara online, maka orang tua dapat mengecek hasil evaluasi belajar langsung melalui sistem informasi yang dikembangkan oleh PT Mono Solusi Indonesia.

Apabila Anda tertarik dengan sistem informasi di sekolah yang dikembangkan oleh PT Mono Solusi Indonesia, maka Anda dapat menghubungi kami di https://monosolusi.com/contact. Kami akan membalas pesan Anda secepat mungkin mengenai pertanyaan seputar sistem informasi yang dikembangkan. Lalu, Anda juga bisa langsung ke kantor kami yang berada di Pakuwon Tower, Unit 0T11-09, Jl. Embong Malang No. 21-31, Surabaya.

Di musim pandemi virus corona, kegiatan belajar mengajar kini dilakukan secara online. Hal ini tentu menyulitkan guru, murid, dan orang tua untuk merekap, memahami pelajaran, dan penyampaian informasi evaluasi hasil belajar. Untuk itu, Anda dapat berlangganan menggunakan sistem informasi sekolah dari PT Mono Solusi Indonesia.


Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top