Keuntungan Penerapan Belajar Online yang Seringkali Tidak Disadari

September 15, 2020

Beberapa keuntungan paling nyata yang bisa didapatkan baik oleh siswa, pengajar, ataupun orang tua saat melakukan penerapan belajar online secara konsisten.

Metode belajar online banyak diterapkan oleh institusi pendidikan. Tak hanya di indonesia saja, metode pembelajaran online sudah diterapkan di berbagai belahan dunia sejak dulu. Bahkan institusi terlibat tak hanya institusi pendidikan dasar saja, tapi juga pendidikan tinggi seperti Universitas.

Tak bisa disangkal, kemajuan teknologi sangatlah pesat. Tentunya menjadi salah satu pemicu kenapa pembelajaran secara online jauh lebih diminati oleh orang-orang. Dengan fasilitas teknologi lengkap, pembelajaran di dunia maya sudah sama berkualitasnya dengan pendidikan secara konvensional.

Terlebih lagi dengan didukung oleh keberadaan internet, sistem informasi yang ada saat ini jauh lebih mendukung untuk melakukan pembelajaran secara daring. Di indonesia sendiri sudah ada banyak sekolah menerapkan metode pembelajaran satu ini. Percaya atau tidak, sebenarnya ada banyak sekali keuntungan bisa didapat dari penerapannya.

Sayangnya tidak semua orang bisa sadar. Berdasarkan riset, metode belajar online jauh lebih efektif dibandingkan metode belajar secara konvensional. Tentunya ada banyak aspek yang melandasi. Tak sedikit juga yang menganggap jika hal ini terlalu berlebihan.

Namun secara faktual, metode belajar secara online memang terbukti lebih efektif dalam menghadapi masa depan. Berikut telah kami kumpulkan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan baik oleh orang tua dan siswa saat menerapkan metode pembelajaran secara online.

Akses Materi Pembelajaran Jauh Lebih Luas

Keuntungan pertama bisa Anda dapatkan dari pembelajaran secara online adalah akses materi pembelajaran yang sangat luas. Dunia internet sendiri adalah sumber informasi terbesar. Anda bisa mengakses berbagai informasi yang bermanfaat di dalamnya.

Dengan mengandalkan dunia maya, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi untuk menunjang metode pendidikan yang sedang dijalankan. Dengan materi belajar secara online, berbagai materi di internet bisa Anda aplikasikan pada saat kegiatan belajar mengajar.

Biaya Pendidikan yang Jauh Lebih Minimal

Selain keuntungan tersebut, metode belajar online terbukti bisa meminimalisir biaya pendidikan. Bagaimana tidak, saat melakukan pembelajaran secara online di internet Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi ataupun biaya akomodasi lainnya.

Yang Anda perlukan hanyalah biaya untuk mengisi kuota internet dan memastikan kuota tersebut cukup hingga akhir sesi pembelajaran. Selain itu, metode pembelajaran secara online ini tidak mengharuskan Anda untuk mengumpulkan dokumen dalam bentuk berkas apapun. Anda bisa mengisi semuanya dengan menggunakan dokumen digital.

Sistem Informasi Internal yang Jauh Lebih Luas

Untuk sekolah dengan kepemilikan situs resmi, sistem belajar online ini juga akan memudahkan siswa dan pengajar dalam melakukan komunikasi. Biasanya di dalam situs website seperti ini tersedia fitur khusus untuk melakukan komunikasi antara pengajar dan siswa.

Bahkan komunikasi ini bisa dilakukan secara personal tanpa melibatkan siswa lain. Hanya saja semua percakapan akan terekam secara khusus. Karenanya konteks percakapan hanya bisa dilakukan dalam koridor pendidikan saja.

Dengan sistem informasi internal seperti ini, para siswa yang mengalami kesulitan belajar bisa berkonsultasi secara langsung kepada guru mereka tanpa merasa malu. Ini tentunya akan berdampak sangat positif terhadap metode pembelajaran online.

Memberikan Fleksibilitas Kepada Siswa dan Orang Tua

Selain beberapa keuntungan diatas, metode belajar online ini juga bisa memberikan fleksibilitas tinggi kepada orang tua dan siswa di rumah. Mereka bisa melakukannya kapanpun dan di manapun tanpa terkendala tempat ataupun waktu.

Jadi semua siswa mengikuti pembelajaran dan tidak akan ketinggalan materi meskipun mereka berhalangan. Karena semua materi yang disampaikan oleh pengajar akan disimpan secara otomatis oleh situs web sekolah itu sendiri. Bahkan para siswa bisa mengulang materi pembelajaran beberapa kali hingga mereka benar-benar paham.

Solusi Terbaik Bagi para Introvert

Karakteristik siswa itu berbeda-beda. Dari sekian banyak siswa mengikuti pembelajaran beberapa diantaranya pasti merupakan seorang introvert. Metode belajar online ini jauh lebih recommended untuk para introvert seperti ini. Karena seringkali mereka kesulitan dalam mengikuti pembelajaran namun malu untuk mengungkapkan pemikirannya.

Melalui metode ini, para siswa yang berkarakter introvert seperti ini bisa lebih lepas dalam mengekspresikan apa pikiran mereka. Sudah tentu hal ini akan memaksimalkan kualitas pendidikan yang dilakukan oleh pihak sekolah.

Tak Terkendala Oleh Kondisi Apapun

Disisi lain metode pembelajaran secara online ini tidak akan terkendala oleh kondisi apapun. Syarat utama terlaksananya pendidikan berbasis online ini adalah koneksi internet baik dan media pemutaran sesuai.

Metode belajar online sangat pas untuk diterapkan dalam kondisi tidak memungkinkan. Contohnya adalah seperti kondisi wabah ataupun bencana alam. Selama koneksi internet stabil, Anda tetap bisa mengikuti pembelajaran sampai selesai.

Mengajarkan Pemahaman Teknologi yang Lebih Baik

Keuntungan terakhir dari metode pembelajaran secara daring ini adalah mengajarkan pemahaman teknologi baik kepada para siswa. Secara tidak langsung para siswa mempelajari materi pendidikan sekaligus mempelajari fitur-fitur teknologi yang ada saat ini. Inilah alasan kenapa materi pembelajaran online jauh lebih direkomendasikan.

Bagi Anda yang sedang memiliki kebutuhan akan media belajar secara online, pt mono solusi indonesia hadir sebagai jawaban terbaik. Kami menyediakan berbagai fasilitas sistem informasi pembelajaran berbasis online yang sangat bagus untuk sekolah Anda. Cukup hubungi kami dengan mengklik link berikut https://monosolusi.com/contact, untuk mendapatkan penawaran terbaik terkait fasilitas belajar online ini.

Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top