Keuntungan Belajar Online Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Sekolah

September 18, 2020

Sistem informasi sekolah ini dapat membantu guru, murid, hingga orang tua untuk menyukseskan kegiatan belajar online di tengah pandemi virus corona.

Semenjak kegiatan belajar mengajar ditangguhkan, kini murid-murid diarahkan untuk belajar online melalui gadget. Mengingat, virus covid-19 mulai menyebar di Indonesia. Sehingga, semua proses kegiatan belajar mengajar pun dilakukan di rumah tanpa bertatap muka. 

Hanya saja, beberapa wali murid menilai bahwa cara belajar secara daring ini justru menyusahkan para murid dan orang tua. Oleh sebab itu, pihak sekolah harus menemukan solusi jitu untuk mengatasi keluhan yang disampaikan oleh para murid beserta orang tua.

Masalah yang Dirasakan Oleh Para Murid dan Orang Tua dengan Sistem Belajar Online 

Ketika cara belajar daring mulai diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar, banyak instansi belum siap dan belum paham betul tentang cara belajar secara online. Masih banyak instansi yang amburadul dalam menyampaikan info kepada murid dan orang tua. 

Akibatnya, kegiatan belajar mengajar akan terganggu karena sistem info sekolah yang carut marut. Ada beberapa masalah yang dirasakan oleh para murid dan orang tua terhadap cara belajar online. Diantaranya adalah :

  1. Sistem Informasi yang Carut Marut

Masalah yang lumrah dikeluhkan oleh murid adalah carut marutnya sistem informasi sekolah. Info terkait jadwal pelajaran dan pengajaran ini pun tidak tertata. Sehingga murid akan kesusahan dalam menentukan kapan harus belajar mandiri di rumah maupun dengan guru mata pelajaran tertentu.


  1. Sulitnya Mengakses Hasil Nilai Ujian

Masalah kedua ini sering dikeluhkan oleh orang tua, yakni terkait masalah pemberitahuan hasil nilai ujian sang anak. Sistem informasi yang diadopsi oleh instansi sekolah ini sering terlambat untuk menyampaikan hasil nilai ujian sang anak. Bahkan, penyebaran informasi nilai pun kurang merata. 


Alhasil, banyak orang tua yang tidak mengetahui bahwa nilai anaknya dibawah rata-rata. Untuk itu, harus ada perbaikan masalah penyebaran informasi sekolah terhadap orang tua atau wali murid.



  1. Kurangnya Pelatihan bagi Murid dalam Bentuk Bank Soal

Dan masalah terakhir yang kerap dikeluhkan dari sistem belajar online adalah tidak adanya pelatihan bagi murid dalam bentuk bank atau drill soal. Sehingga, instansi terkesan melakukan pembiaran terhadap pelajaran siswa. 


Untuk itu, instansi membutuhkan suatu cara yang mencakup pemberian informasi secara update kepada orang tua murid dan memberikan fasilitas agar murid-murid dapat belajar dengan nyaman meskipun dilakukan secara online.

Cara Mengatasi Masalah yang Dialami Orang Tua dan Anak saat Belajar Online

Cara mudah untuk mengatasi masalah dari cara belajar daring ini adalah dengan memperkuat sistem informasi sekolah. Sistem informasi sekolah ini berguna untuk menyampaikan seluruh kegiatan, hasil evaluasi, hingga menyediakan kumpulan soal-soal terbaru untuk para murid. 

Dengan adanya sistem informasi sekolah terbaru, maka para staf, guru, murid hingga orang tua pun tidak kesulitan dalam menjalankan sistem belajar daring sesuai dengan anjuran pemerintah di tengah pandemic virus corona.

Keuntungan dari Belajar Online yang Mengadopsi Sistem Informasi Sekolah Terbaru 

Ada banyak keuntungan mengadopsi sistem informasi sekolah untuk kegiatan belajar mengajar secara online. Sebab, sistem informasi sekolah ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang tua saja. Melainkan bagi para murid.

Salah satunya adalah fitur live video (LV). Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan panggilan multi-video. Sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan teman-teman dan guru secara langsung. Lalu, terdapat bank soal untuk semua mata pelajaran. Sehingga Anda dapat belajar secara mandiri dengan cara mengerjakan bank soal tersebut.

Untuk para guru dan murid, sistem informasi sekolah ini berguna sebagai media penyampai informasi akurat dan terupdate. Para guru dapat menginput nilai-nilai hasil ujian para siswa. Nantinya, hasil ujian para siswa akan dikirim ke ponsel pribadi para orang tua. Hal ini tentu saja memudahkan para orang tua untuk mengecek hasil nilai ujian kapanpun.

PT Mono Solusi Indonesia, Penyedia Sistem Informasi Sekolah Terbaik di Indonesia

Guna memudahkan instansi sekolah yang Anda pimpin dalam mengatur sistem belajar online, maka Anda dapat bekerja sama dengan PT Mono Solusi Indonesia selaku developer sistem informasi sekolah terbaik. 

PT Mono Solusi ini menyediakan sistem penyampaian informasi sekolah kepada para murid dan orang tua. Melalui Mono Classroom, Anda akan mendapatkan fitur yang dikembangkan oleh PT Mono Solusi seperti fitur e-rapor, fitur penyampaian informasi terupdate dari hasil ujian harian, hingga fitur live video untuk kegiatan belajar mengajar secara online.

Kelebihan PT Mono Solusi Indonesia Dibandingkan Dengan Developer Sistem Informasi Sekolah Lainnya

Sebagai developer penyedia sistem informasi sekolah, PT Mono Solusi Indonesia ini tentu memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan developer lain. Salah satunya adalah tampilan halaman website dari monosolusi. 

Sistem informasi sekolah yang dikembangkan oleh PT Mono Solusi Indonesia ini dapat diakses melalui smartphone. Sehingga Anda dapat membantu sekolah dalam menjalankan sistem belajar online.

Selain itu, website yang dikembangkan oleh PT Mono Solusi Indonesia ini menggunakan fitur enkripsi end-to-end. Fitur ini berguna untuk mengamankan data-data yang Anda upload di website PT Mono Solusi Indonesia. Sehingga, data-data Anda tidak disalahgunakan oleh hacker.

Cara Berlangganan Sistem Informasi Sekolah dari PT Mono Solusi Indonesia 

Apabila Anda berminat untuk berlangganan dengan sistem informasi sekolah yang dikembangkan oleh PT Mono Solusi Indonesia, maka Anda dapat menghubungi admin dari PT Mono Solusi Indonesia. Anda bisa berkirim e-mail ke link https://monosolusi.com/contact atau bisa langsung saja ke kantor PT Mono Solusi Indonesia di Pakuwon Tower, Unit OT11-09, Surabaya

Agar cara belajar secara online dapat berjalan sesuai harapan para guru, murid, dan orang tua. Maka, dibutuhkan suatu sistem penyampai informasi sekolah. Untuk itu, instansi sekolah dapat bekerja sama dengan PT Mono Solusi Indonesia selaku developer website sistem informasi sekolah agar proses belajar online dapat berjalan sesuai yang diharapkan.


Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top