August 24, 2020

Ini Akibatnya Bila Sistem Informasi Sekolah tidak Ada

Sistem informasi sekolah adalah hal yang sangat vital dalam sebuah pendidikan. Faktanya keberadaan dari teknologi informasi dapat membantu mengelola data sekolah dengan sangat baik dan cepat. Mengingat data yang masuk juga cukup banyak. Mulai dari proses pendaftaran masuk sampai dengan pendidikan berlangsung.

Semuanya dapat ditangani oleh sistem tersebut. Sayangnya meskipun sudah tahu bahwa perannya sangat penting untuk sebuah sekolah, namun beberapa dari mereka masih tetap menggunakan cara manual. Banyak dari mereka memilih mengelola data berbasis konvensional karena alokasi dananya kurang.

Padahal mengelola data sekolah secara manual itu tidak hanya berdampak pada sekolahnya saja, namun bisa berakibat fatal terhadap siswanya sendiri. Salah satunya bisa mengalami indikasi human error ketika mengelola data nilai. Akibatnya hal ini sangat merugikan para siswa yang ada.

Maka dari itu sebuah sekolah seharusnya sudah menggunakan teknologi dalam mengelola datanya. Karena tentunya akan ada banyak hal yang merugikan dan semakin rumit jika sebuah sekolah belum dilengkapi dengan sistem informasi memadai. Untuk itu berikut akan dijelaskan akibat tidak menggunakan teknologi tersebut di bawah ini.

Akibat Bila tidak Ada Sistem Informasi Sekolah

Tentunya akan ada banyak hal yang merugikan berbagai pihak ketika sebuah instansi masih menggunakan metode manual dalam mengelola datanya. Maka dari itu di bawah ini akan dijelaskan apa saja yang akan terjadi bila sebuah sekolah tidak dilengkapi dengan sistem berbasis informasi, antara lain:

  1. Mengalami kesalahan sistem pembayaran SPP dan sejenisnya. Mungkin beberapa siswa ada yang pernah sudah melakukan pembayaran SPP namun belum tercatat membayar. Sehingga ini sangat merugikan sekali. Beruntungnya dengan adanya sistem informasi sekolah, hal ini membuat proses pembayaran semakin mudah karena bisa langsung host-to-host kepada mitra bank.
  2. Kesalahan dalam pengisian data absensi adalah hal yang wajar bila pengelolaan datanya masih dilakukan secara manual. Tentu saja hal ini bisa menjadi permasalahan tersendiri bagi siswa. Karena mereka merasa sudah masuk dan tidak pernah bolos, namun dalam data tersebut menyebutkan hal berbeda karena masih manual.
  3. Dampak lain dari tidak menggunakan sistem informasi sekolah adalah pengumuman jadwal dan lainnya menjadi kurang efisien. Jadwal pelajaran yang sering berubah-ubah dapat menjadi permasalahan utama bagi siswa. Selain itu, pengumuman yang masih manual sering diabaikan siswa. Akibatnya mereka tidak tahu pengumuman yang terbaru dari sekolah.
  4. Akibat tidak didukung oleh sistem adalah nilai mata pelajarannya menjadi tidak terupdate dengan baik. Padahal yang namanya nilai itu harus diketahui dengan cepat. Supaya siswa tahu nilai mata pelajaran apa yang harus segera diperbaiki. Tentunya akan menghabiskan waktu lama bila harus cross check nilai manual.

Hal-Hal yang Terhambat saat Sistem Informasi Sekolah tidak Ada

Selain beberapa dampak di atas, ternyata ada juga hal-hal yang terhambat bila sekolah masih mengelola data secara manual. Sehingga segala prosesnya menjadi lebih lama dari biasanya. Di bawah ini adalah beberapa hal yang terhambat ketika sekolah tidak didukung dengan sistem informasi memadai, antara lain:

  1. Proses pendaftaran siswa menjadi semakin lama. Karena masih dilakukan secara manual, sehingga beberapa dari mereka harus mengumpulkan data pribadi berupa lembaran. Tentu saja akan memakan waktu yang lama bagi admin untuk melakukan pengecekan data calon siswa secara manual. Belum lagi masih harus diinput untuk data.
  2. Selain proses pendaftaran terhambat, dengan tidak adanya sistem informasi sekolah membuat pembayaran semakin lama prosesnya. Seperti yang terlihat bila dilakukan secara manual, otomatis beberapa siswa harus antri di loket pembayaran. Karena tidak bisa dilakukan secara online. Sehingga hal ini bisa memakan waktu yang lama.
  3. Pengumuman lulus dan diterima tidaknya seorang mahasiswa semakin lama jika sistemnya masih manual. Bahkan butuh waktu hingga 1 minggu untuk menyampaikan siswa diterima di sekolah idamannya. Berbeda sekali bila sudah menggunakan sistem informasi, segala pengumuman semakin cepat. Bahkan bisa langsung dilakukan pada hari itu juga.
  4. Tidak hanya mahasiswa, namun proses yudisium siswa juga akan terhambat ketika semuanya masih dikerjakan secara manual. Karena masalah pinjam buku di perpustakaan sekolah tidak tercatat dengan baik, begitu juga dengan denda yang harus dibayar. Akibatnya ketika akan lulus sekolah, siswa harus mengurusnya sendiri secara manual.

Fungsi Sistem Informasi di Sekolah

Fungsi dari sistem informasi di sebuah sekolah itu ada banyak. Itulah yang membuat sebuah sekolah harus didukung dengan sistem teknologi memadai. Salah satunya supaya bisa memantau perkembangan siswa dengan baik dan akurat. Dengan begitu bisa diketahui bagaimana pembelajaran siswa selama ini.

Dari segi pelayanan juga sangat berpengaruh sekali. Dengan sistem yang memadai membuat pelayanan di bidang pendidikan semakin meningkat kepada masyarakat. Sehingga calon siswa yang sedang mencari informasi seputar sekolah idamannya menjadi lebih mudah. Karena semuanya sudah disampaikan secara online. Jadi tidak perlu mengunjungi sekolah langsung.

Database sekolah juga akan tersimpan dengan baik bila menggunakan sistem informasi. Mulai dari data guru, siswa, dan karyawan. Di mana semuanya terdiri atas data akademik, administrasi, sistem kurikulum, aset sekolah, dll. Sehingga segala aspek seperti TU, BK, dan sejenisnya menjadi lebih terbantu dalam mengelola data sekolah.

Itulah sebabnya sebuah sekolah seharusnya didukung oleh sistem informasi yang tepat. Supaya pengelolaan dan manajemennya semakin efektif dan efisien. Maka dari itu bila Anda membutuhkan sistem informasi sekolah yang tepat, silahkan hubungi PT. Mono Solusi Indonesia ke https://monosolusi.com/contact.


Latest Posts

Have Problems?

Problems are not meant to be solved alone. Don't worry, we are here to give you the best solution ever.