Hendak Menerapkan Metode Belajar Online? Ini yang Harus Dipersiapkan

September 17, 2020

beberapa hal penting yang harus Anda persiapkan sejak awal saat Anda hendak memulai metode belajar online yang saat ini banyak dilakukan oleh institusi pendidikan.

Saat ini ada banyak sekali sekolah menerapkan metode belajar online. Selain karena sedang menghadapi wabah, metode belajar satu ini memang sangat direkomendasikan karena fleksibilitasnya. Terlebih lagi saat ini dunia sedang mengalami era globalisasi di mana teknologi menjadi salah satu tonggak utamanya.

Mengajarkan siswa tentang teknologi tentunya menjadi salah satu hal sangat penting. Karena bisa dikatakan jika teknologi ini menjadi salah satu aspek utama dalam merintis masa depan semua orang. Orang dengan pemahaman teknologi tidak terlalu baik mungkin akan kesulitan untuk bersaing.

Melakukan pembelajaran secara online terbilang sangat efektif. Bahkan hal ini jauh lebih baik dibandingkan pendidikan secara konvensional dan biasa dilakukan saat ini. Hanya saja memang ada banyak aspek harus dipersiapkan terlebih dahulu untuk merealisasikannya. Seringkali hal ini membuat pendidikan secara online menjadi tidak maksimal.

Bagi yang hendak mulai menjalankan skema pendidikan satu ini, tidak boleh sembarangan dalam melakukannya. Karena ada beberapa hal mempengaruhi kelancaran proses belajar mengajar secara online. Jika Anda tidak mempersiapkannya, sudah pasti akan ada kendala besar kedepannya.

Pada kesempatan kali ini kami telah merangkum beberapa hal penting harus dipersiapkan terlebih dahulu saat hendak memulai konsep belajar online. Apa saja hal-hal penting tersebut? Mari kita bahas.

Komputer atau Laptop dengan Spesifikasi Memadai

Hal pertama yang harus disiapkan saat hendak memulai pembelajaran secara daring adalah komputer atau laptop. Ini merupakan media utama yang bisa digunakan untuk mengakses materi pembelajaran di dunia maya.

Akan tetapi, harus memastikan jika spesifikasi dari laptop atau komputer tersebut sesuai dengan kebutuhan. Karena jika spesifikasi yang digunakan tidak sesuai, mungkin proses belajar-mengajar akan sedikit terganggu. Ini tentunya akan menjadi kendala besar untuk memahami materi yang disampaikan.

Bisa Menggunakan Smartphone dengan Fitur Khusus

Selain menggunakan laptop atau komputer, bisa menggunakan smartphone dengan fitur khusus. Sudah pasti spesifikasi yang digunakan juga harus sesuai. Untungnya saat ini ada kebanyakan smartphone beredar dan memang sudah memiliki spesifikasi mumpuni. Bahkan terkadang spesifikasinya melebihi spesifikasi dari laptop atau komputer.

Hanya saja ada beberapa kekurangan yang mungkin didapatkan saat menggunakan smartphone sebagai media belajar online. Salah satunya adalah ukuran layar terlalu kecil, sehingga ada banyak fitur-fitur website yang tertutupi. Namun jika pandai dalam mengoperasikannya hal ini tidak akan menjadi kendala besar.

Speaker atau Pemutar Suara Eksternal

Tidak hanya laptop atau smartphone saja, kami sangat merekomendasikan untuk memiliki speaker atau pemutar suara eksternal pada proses pembelajaran online yang sedang Anda lakukan. Karena dengan penggunaan speaker seperti ini Anda bisa mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru secara lebih jelas dan detail.

Speaker yang bisa digunakan juga sangat banyak, Anda bisa menggunakan model apapun asalkan speaker tersebut memang bisa memperbesar volume suara dari materi yang disampaikan oleh guru Anda di internet. Jadi Anda tak perlu membeli speaker berharga mahal. Jauh lebih direkomendasikan jika Anda menggunakan earphone pada saat materi sedang disampaikan.

Kuota Internet atau Jaringan Wifi Stabil

Tak bisa disangkal lagi, aspek terpenting dalam menjalani materi belajar online ini adalah kuota internet. Pastikan Anda menyiapkan kuota secukupnya. Tujuannya tentu saja supaya Anda bisa mengikuti materi pembelajaran ini sampai selesai.

Jika Anda tidak memiliki kuota internet, Anda juga bisa menggunakan jaringan wi-fi yang ada di lingkungan Anda. Hanya saja pastikan jika koneksi internet pada jaringan wi-fi tersebut benar-benar stabil. Karena stabilitas koneksi internet ini memegang peranan sangat penting terhadap kelancaran proses belajar mengajar yang akan Anda lakukan.

Tempat Belajar yang Nyaman dan Mendukung

Hal lain tidak kalah penting untuk dipersiapkan sejak awal adalah tempat belajar nyaman dan mendukung. Pilihlah tempat belajar tidak terlalu ramai agar Anda bisa lebih fokus terhadap materi yang sedang disampaikan oleh para guru melalui media internet.

Jika tempatnya terlalu ramai, proses diskusi Anda mungkin akan sedikit terganggu. Terlebih lagi,dengan memilih tempat tidak terlalu ramai Anda bisa melakukan komunikasi dengan tim pengajar secara lebih pribadi. Ini akan membantu Anda untuk memahami materi secara lebih mendalam. 

Alat Komunikasi Eksternal Seperti Speaker untuk Komunikasi

Selain beberapa hal yang sudah kami sampaikan diatas, pastikan juga untuk memiliki alat komunikasi eksternal berkualitas saat hendak belajar online. Contohnya adalah mic. Alat ini bisa Anda gunakan untuk melakukan komunikasi secara langsung dengan tim pengajar di internet.

Dengan mic bagus dan berkualitas, Anda bisa menyampaikan segala pertanyaan dan ketidaktahuan Anda secara jelas kepada tim pelajar. Tentunya ini merupakan sebuah keuntungan tidak bisa ditolak lagi. Menggunakan speaker kurang berkualitas akan membuat lawan bicara Anda tidak memahami apa yang Anda sampaikan.

Bahan Materi yang Lengkap

Disamping poin-poin yang sudah kami sampaikan tersebut, ada hal lain tidak kalah penting untuk dipersiapkan saat belajar online. Hal tersebut adalah bahan materi pelajaran yang hendak dipelajari. Sebelum Anda memulai materi pembelajaran online ada baiknya jika mendalami secara pribadi materi pembelajaran yang hendak disampaikan.

Jadi pada saat sesi pembelajaran ini berlangsung hanya tinggal mematangkannya saja. jika ada yang tidak Anda pahami, bisa menanyakan langsung kepada pemateri yang masih sedang online. Namun gunakan sesi tanya jawab untuk melakukannya, jangan memotong mereka pada saat materi sedang berlangsung.

Apabila Anda sedang memiliki kebutuhan sistem informasi bagus untuk pembelajaran online, hubungi PT Mono Solusi indonesia di link https://monosolusi.com/contact. Kami menyediakan berbagai aplikasi terbaik untuk kegiatan belajar mengajar di dunia maya. Tentunya aplikasi kami sudah lengkap dengan fitur sistem informasi belajar online modern.


Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top