Elemen Web Sekolah yang Harus Anda Perhatikan

September 2, 2020

Beberapa elemen atau fitur terpenting yang harus Anda sematkan terhadap web sekolah agar bisa berfungsi secara maksimal dalam memberikan info kepada pengunjung.

Setiap jenis website pasti memiliki elemen atau fiturnya masing-masing. Hal ini berlaku bagi semua jenis situs yang tersedia, termasuk situs web sekolah yang akan kami bahas. Dengan keberadaan fitur atau elemen tersebut, situs yang Anda miliki akan terlihat jauh lebih nyata dan dipercaya.

Saat ini website sekolah memiliki peranan sangat penting terhadap dunia pendidikan. Dengan keberadaan web tersebut, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan baik oleh para siswa, guru, orang tua siswa, atau bahkan sekolahan itu sendiri. 

Namun hal ini hanya terbatas pada bidang pendidikan dan kegiatan belajar mengajar saja. Meskipun begitu, keberadaan elemen atau fitur dalam sebuah website sangatlah besar. Fitur atau elemen tersebut akan memudahkan semuanya untuk memaksimalkan fungsi dari website yang digunakan.

Keberadaan elemen-elemen tersebut juga sangat erat kaitannya dengan kredibilitas situs dibuat, Secara tidak langsung, hal ini juga akan berpengaruh pada kredibilitas mereka yang membuatnya. Lantas apa saja elemen-elemen terpenting pada web sekolah tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tampilan Halaman Informasi Dana Bos

Untuk Anda yang belum tahu, dana BOS adalah singkatan dari Bantuan Operasional Siswa. Ini merupakan jenis bantuan operasional yang diberikan oleh pemerintah pusat secara langsung kepada sekolah. Tujuannya adalah sebagai bentuk dukungan bagi seluruh pendidikan di negeri ini, baik swasta ataupun negeri.

Biasanya yang bertanggung jawab penuh akan keberadaan dana bos ini adalah kepala sekolah. Agar tidak menimbulkan kecurigaan, sangat direkomendasikan untuk sekolah Anda agar menampilkan alokasi penggunaan dana BOS tersebut di website Anda.

Karena berdasarkan aturan yang berlaku, masyarakat dan instansi pemerintah di bidang pendidikan berhak untuk mengetahui kemana saja aliran dana bos tersebut. Transparansi penggunaan dana BOS tersebut di web sekolah diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan dalam negeri dengan arah dana yang tepat pada sasaran.

Buku Tamu Berbasis Online

Elemen lain yang tidak kalah penting untuk Anda sematkan pada website pendidikan adalah buku tamu. Tentunya guest book ini harus berbasis online. Ada alasan khusus kenapa website ada harus memiliki elemen atau fitur buku tamu. 

Alasan pertama, akan memudahkan pada tamu publik untuk mengetahui secara detail jadwal kunjungan yang ada di sekolah Anda. Dengan mengetahui jadwal kunjungan ini, tidak akan ada tamu yang bentrok kedatangannya. Sudah tentu kegiatan KBM juga tidak akan terganggu dengan kondisi tersebut.

Tak hanya itu saja, keberadaan buku tamu di web sekolah ini juga akan memudahkan pihak sekolah untuk membackup data tamu yang hadir ke sekolah setiap harinya. Listing secara digital akan memberikan pendidikan Anda efisiensi untuk pengeluaran dana. Terutama untuk pembelian kertas bagi buku tamu seperti ini.

Dari segi pengelolaan, pihak sekolah bisa menjadikan security sebagai garda terdepan untuk menjadi admin. Jadi mereka inilah nantinya akan berkomunikasi secara langsung dengan para tamu untuk mengetahui jadwal kedatangan mereka masing-masing.

Halaman Profil Sekolah

Elemen selanjutnya yang harus ada pada web sekolah Anda adalah halaman profil sekolah. Pada halaman ini Anda bisa memampangkan secara langsung bagaimana visi dan misi yang diusung oleh pendidikan Anda. Bahkan Anda juga bisa menampilkan struktur organisasi, profil pekerja, hingga sejarah pendidikan.

Perlu dipahami, halaman profil sekolah ini sifatnya wajib dan tidak boleh disepelekan. Karena bisa dibilang kalah elemen satu ini merupakan elemen utama yang menjadi identitas dari sebuah situs. Sifat dari halaman profil ini adalah publikasi. Jadi pengunjung bisa mengenal profil pemilik website lebih jauh.

Halaman Kritik dan Masukan dari Pengunjung

Kritik dan masukan dari para pengunjung juga harus Anda masukkan ke dalam web sekolah yang Anda bangun. Hal ini berfungsi untuk menjadi tolak ukur Anda dalam meningkatkan kinerja website kedepannya. Lebih jauhnya, hal ini juga bisa menjadi acuan Anda untuk meningkatkan performa pendidikan.

Buatlah ruang khusus bagi para siswa, orang tua murid, atau bahkan tamu sekalipun untuk memberikan saran dan kritiknya secara bebas terhadap pendidikan. Bila perlu, buatlah desain kotak masukan dan saran menarik agar membuat para pengunjung menjadi nyaman. Bahkan Anda bisa membuat angket untuk memaksimalkannya.

Halaman Informasi, Pengumuman dan Prestasi Sekolah

Tidak kalah penting, Anda juga harus memasukkan halaman informasi yang berisikan pengumuman penting terkait kegiatan belajar mengajar. Ini akan memudahkan para siswa untuk mengakses informasi dengan cepat. Bahkan mereka yang berhalangan untuk hadir di sekolah pun bisa mengaksesnya.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mengisi halaman informasi ini dengan berbagai prestasi yang sudah pernah dicapai oleh sekolah. Ini akan meningkatkan kredibilitas pendidikan dengan signifikan. Terlebih lagi dalam momen PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), fitur prestasi ini sangatlah penting. Jangan lupa, sematkan juga akreditasi pendidikan Anda di dalamnya.

Fitur Kontak dan Live Chat 

Hal lain yang juga wajib Anda masukkan ke dalam web sekolah adalah fitur kontak dan live chat. Dengan kedua fitur tersebut, para pengunjung dari luar bisa dengan mudah berkomunikasi dan menjangkau Anda. Lengkapi fitur live chat tersebut dengan berbagai jenis media sosial seperti WA, Instagram, Facebook, dan lain-lain.

PT Mono Solusi Indonesia kini hadir sebagai solusi kebutuhan website Anda. Tak hanya menyediakan website biasa, kami juga menyediakan berbagai jenis aplikasi dengan sistem informasi modern untuk kepentingan sekolah dan KBM. Cukup kunjungi web kami di alamat https://monosolusi.com/contact dan pastikan Anda mendapat web sekolah terbaik dengan harga bersahabat.

Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top