Cara Memaksimalkan Fungsi Web Sekolah dalam Rangka Publikasi

September 5, 2020

Berbagai cara paling mudah untuk memaksimalkan fungsi web sekolah dalam rangka mempublikasikan sekolah agar diketahui banyak orang sekaligus.

Setiap institusi pendidikan rasanya wajib untuk memiliki web sekolah di era modern ini. Bukan tanpa alasan, keberadaan situs ini memang terbukti bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan dunia pendidikan saat ini. Tak heran jika kemudian keberadaannya dianggap sangat penting.

Peranan website terhadap sekolah ini sangat penting, terutama dalam hal publikasi. Terlebih untuk sekolah baru berdiri. Ada banyak sekali manfaat bisa didapatkan dari kepemilikan website seperti ini. Degan menggunakan website atau situs, Anda bisa dengan mudah memasarkan, mengenalkan dan mempromosikan sekolah pada masyarakat.

Hal ini sebenarnya sejalan dengan gaya hidup masyarakat masa kini cenderung menggunakan media online dalam mencari informasi. Jadi memilih website untuk kepentingan promosi sekolah adalah hal tepat. Terlebih lagi biayanya juga sangat murah dan terjangkau.

Di samping itu, ada banyak sekali fitur bermanfaat bisa dimaksimalkan fungsinya demi proses publikasi sekolah ini. Sejauh ini kami telah merangkum beberapa cara terbaik untuk memaksimalkan fungsi web sekolah dalam rangka publikasi ini. Apa saja caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Buat Desain Website yang Menarik

Cara pertama untuk memaksimalkan fungsi web dalam rangka publikasi sekolah adalah membuat desain semenarik mungkin. Desain ini memiliki peranan besar dalam menarik minat dari konsumen untuk datang dan berkunjung ke website sekolah Anda.

Buatlah gambar ilustrasi dan thumbnail berkarakter agar para pengunjung mengingat website Anda. Pihak sekolah bisa menyematkan berbagai informasi penting di dalam gambar thumbnail buatan. Buat sedetail mungkin agar para pengunjung bisa memahaminya dengan baik.

Gunakan Bahasa Promosi yang Tepat

Hal lain tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah bahasa promosi. Karena memang sedang dalam proses publikasi sekolah, pastikan juga untuk memilih bahasa promosi terbaik bagi web Anda ini. Namun hal ini memang harus dipertimbangkan secara matang. Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukannya.

Dalam bahasa promosi, tentu saja kelebihan dari sekolah yang Anda publikasikan tersebut harus lebih dikedepankan. Dimana saja letak kelebihan dari sekolahan Anda. Apakah dari biayanya sekolahnya sangat murah? Atau mungkin dari alumni sekolahnya lebih mudah mendapatkan pekerjaan? Atau bisa saja dari fasilitas pendidikannya yang lengkap?

Poin-poin tersebut harus Anda pertimbangkan sejak awal. Setelah memilih kata promosi terbaik untuk sekolah Anda ini, mulailah untuk menyematkannya pada web sekolah yang dimiliki. Anda bisa menjadikannya sebagai landing page atau heading.

Ketahui Target Pasar Anda 

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan publikasi sekolah melalui web adalah mengetahui target terlebih dahulu. Siapa target pemasaran Anda saat ini? Apakah siswa SD? Siswa SMP? Apa jenis kelamin mayoritas yang Anda targetkan? Hal ini harus dipersiapkan sejak awal.

Anda bisa menggunakan fitur google keyword plannner untuk memaksimalkan hal ini. Gunakan keyword-keyword berkaitan sebagai target keyword pada konten web sekolah Anda. Ini akan memudahkan para target audiens untuk menemukan konten website Anda dan mengetahui informasi sekolah yang sedang ada publikasikan.

Maksimalkan Konten SEO Demi Menunjang Pemasaran

Senada dengan poin di atas, lakukan optimasi SEO pada website. Ada banyak trik SEO yang bisa diakukan. Namun sepertinya hal ini harus dilakukan oleh ahlinya. Trik pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan optimasi SEO on-Page atau berkaitan dengan konten artikel pada website.

Sedangkan cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan optimasi SEO off-Page dan berhubungan dengan keyword pada html serta mencari backlink. Tentu saja masih ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk optimasi SEO web sekolah ini. Tidak sulit, namun Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Anda bisa Menggunakan Iklan Berbayar Untuk Mendapatkan Hasil Terbaik

Untuk hasil maksimal, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan fasilitas iklan berbayar di internet. Ada banyak sekali jenis iklan berbayar bisa dipilih dari mulai melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, atau bahkan Email.

Namun ada juga beberapa yang memilih untuk menggunakan google ads. Cara satu ini memang terbilang lebih efektif karena pengguna google ini memang sangat fantastis. Coba bayangkan saja kalau setiap harinya ada sampai puluhan ribu orang yang melihat iklan web sekolah Anda? Hal ini sudah tentu akan berdampak sangat positif terhadap publikasi sekolah Anda bukan?

Dari sini akan ada banyak orang yang mengenal Anda sekaligus. Sudah tentu nama yang sedang ada publikasikan juga akan meroket. Inilah yang kemudian menjadi sarana terbaik bagi Anda untuk mencapai target pemasaran dan publikasi yang sudah ditentukan sejak awal.

Lengkapi Informasi Sekolah Anda Sedetail Mungkin

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah melengkapi informasi terkait sekolah Anda sedetail mungkin. Jangan sampai melewatkan satu hal pun. Ini akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan para pengunjung yang datang ke web sekolah yang dipublikasikan.

Sematkan alamat, nomor telepon dan beberapa media sosial yang sudah sekolah miliki. Jangan lupa juga untuk memastikan kalau admin selalu aktif untuk melayani segala pertanyaan dari para pengunjung. Bila perlu, berikan layanan live chat demi kemudahan komunikasi dengan para pengunjung Anda. Ini akan berdampak besar pada proses publikasi yang sedang Anda lakukan.


Untuk Anda yang sedang membutuhkan jasa pembuatan web di sekolah berkualitas, pastikan untuk segera menghubungi PT Mono Solusi Indonesia di alamat situs https://monosolusi.com/contact. Kami tak hanya menyediakan website dengan harga terbaik, namun juga memastikan kalau web sekolah Anda akan sangat maksimal untuk proses publikasi.

Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top