September 16, 2020

Belajar Online untuk Mata Pelajaran Olahraga

Di era modern metode belajar online menjadi salah satu hal yang sangat lumrah. Hanya saja tidak semua orang setuju. Karena mereka beranggapan ada beberapa jenis materi pembelajaran tidak bisa disampaikan secara online sepenuhnya. Contohnya adalah pelajaran olahraga.

Bagaimanapun juga, pelajaran olahraga adalah pelajaran yang berhubungan dengan fisik dan tidak mungkin bisa jika pembelajarannya dilakukan secara online. Pendapat seperti ini terus bertahan dari waktu ke waktu. Tak heran jika kemudian penerapan metode pembelajaran online di negeri ini masih sangat tertinggal oleh negara lainnya.

Secara teknis, materi pelajaran olahraga memang lebih cenderung pada praktek dibandingkan teori. Namun ternyata pelajaran olahraga masih tetap bisa disampaikan secara daring. Tapi tentu saja ada beberapa trik khusus harus dilakukan agar pendapat ini bisa direalisasikan.

Jika kita melihat secara fakta, sosok guru yang memberikan materi olahraga melakukannya di depan murid. Kemudian murid melihatnya secara visual. Lantas apa perbedaannya dengan memberikan materi belajar online. Yang berbeda hanyalah titik melihat sisi visualnya tersebut. Jika di sekolah, murid melihatnya secara langsung, bukan melalui video.

Agar Anda lebih luas dalam memahami, kami telah melakukan beberapa riset berkaitan dengan mungkin atau tidaknya materi pembelajaran olahraga dilakukan secara online. Langsung saja, di bawah ini adalah paparan mengenai pembelajaran olahraga dapat dilakukan secara online.

Konten Pembelajaran Harus Diberikan Dalam Bentuk Video

Untuk materi pembelajaran olahraga secara online, syarat utama harus dilakukan adalah membuat konten video. Bila perlu materi belajar online dilakukan secara live streaming dengan menggunakan fitur video call. Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur video conference di website sekolah yang Anda miliki. 

Menggunakan fitur video call sebagai materi pembelajaran olahraga sangat mudah untuk dilakukan. Jadi konsepnya guru memberikan contoh melalui video, dan murid akan menirunya secara langsung di rumah mereka masing-masing. Hal ini tidak jauh berbeda dengan saat guru mencontohkannya depan murid dan kemudian murid menirunya.

Hanya saja, guru harus memberikan penjelasan secara detail agar murid-murid bisa mengetahui apa saja kesalahan yang mungkin saja bisa mereka lakukan pada saat praktik tersebut. Bahkan sosok guru bisa meminta murid untuk merekam gerakan yang sudah mereka lakukan dalam bentuk video dan mengirimkannya agar bisa diperiksa oleh guru olahraga tersebut.

Tetap Dibutuhkan Pelatihan Teknis Secara Offline

Senada dengan hal ini, pemberian pelatihan teknis secara offline tetap dibutuhkan. Namun intensitasnya bisa Anda kurangi secara signifikan. Pelatihan teknis secara offline ini mungkin hanya diperlukan pada saat Anda ingin melakukan pengujian kepada murid-murid yang sudah mendapatkan materi.

Karena secara garis besar, para murid sudah mendapatkan materi awal dari konten video yang guru berikan. Mereka hanya perlu mematangkannya pada sesi pertemuan tersebut dan mengoreksi kesalahan-kesalahan yang masih dilakukan. Di beberapa negara metode belajar online satu ini sudah dilakukan sejak lama.

Pemahaman Teori Bisa Lebih Dimaksimalkan 

Semua orang pasti tahu jika materi pembelajaran olahraga ini tak hanya berpusat pada praktik teknisnya saja. Di dalam materi pembelajaran satu ini ada juga teori-teori yang harus dipahami oleh para siswa. Biasanya hal ini berkaitan dengan sejarah syarat atau persyaratan dari jenis olahraga itu sendiri.

Dalam melakukan pembelajaran olahraga secara online, Anda juga bisa memaksimalkan para siswa untuk lebih mendalami teorinya. Karena teori ini juga tidak kalah penting dibandingkan praktik. Dengan pemahaman teori yang bagus para siswa bisa lebih berekspresi dalam melakukan gerakan-gerakan olahraga yang dijadikan materi.

Efektif untuk Dilakukan Jarak Jauh

Di sisi lain, materi pelajaran olahraga dengan konsep belajar online ini juga sangat efektif untuk dilakukan dari jarak jauh. Hal ini sangat pas untuk dilakukan oleh para murid yang memang terkendala jarak dan waktu untuk mengikuti materi pelajaran olahraga dari guru mereka. 

Bahkan ada banyak mahasiswa yang mengandalkan metode satu ini untuk mengambil materi dosen-dosen mereka. Karenanya Anda tidak perlu ragu lagi untuk memberikan materi olahraga dengan format online seperti ini. Hasilnya sudah terbukti positif dan bahkan dilakukan oleh level perguruan tinggi.

Tetap Harus dengan Pengawasan Orang Tua

Meskipun demikian besar manfaatnya, tetap saja pemberian materi belajar online ini harus dilakukan dengan pengawasan dari orang tua. Terlebih lagi untuk mereka yang masih berusia dibawah umur. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan mereka dari cedera.

Ditambah lagi orang tua juga bisa memberikan masukan terbaiknya kepada anak-anak mereka saat sedang mengawasi materi pembelajaran olahraga ini. Kerjasama yang baik antara guru, orang tua dan siswa bisa menghasilkan kualitas pembelajaran yang bagus.

Keuntungan Pemberian Materi Olahraga Secara Online

Dari pembahasan yang kami berikan di atas, bisa ditarik kesimpulan jika pemberian materi olahraga secara online bisa memberikan banyak keuntungan. Pada intinya pemberian materi olahraga dengan konsep belajar online ini bisa memberikan fleksibilitas bagi banyak pihak saat hendak melakukannya.

Selain itu, para murid juga bisa lebih paham ketika mendalami teori dari jenis olahraga yang sedang diajarkan. Kombinasi antara pemahaman teori dan teknik ini sudah tentu akan berdampak besar terhadap pemahaman murid secara keseluruhan dan kondisi kesehatan mereka masing-masing. Jadi pada intinya, materi pembelajaran olahraga ini sangat mungkin untuk dilakukan secara online. 

Anda butuh sistem informasi pembelajaran online yang berkualitas? Tentunya PT Mono Solusi Indonesia menjadi solusi terbaik yang bisa Anda pilih. Kami menyediakan berbagai fasilitas sistem informasi online berkualitas yang pas untuk materi belajar online siswa-siswi Anda. Klik tautan https://monosolusi.com/contact untuk info lebih lanjut.

Latest Posts

Have Problems?

Problems are not meant to be solved alone. Don't worry, we are here to give you the best solution ever.