Aplikasi Keuangan Sekolah untuk Kerangka Kerja yang Lebih Efektif

September 8, 2020

Aplikasi Keuangan Sekolah bisa menjadi solusi untuk kerangka kerja yang lebih efektif, terutama dalam bidang keuangan atau pembayaran di lingkungan sekolah.

Aplikasi Keuangan Sekolah (AKS) sudah semakin familiar di sekolah-sekolah karena memang keberadaannya sangatlah membantu. Kegiatan belajar mengajar dan kualitas tenaga pengajar memang sangat penting untuk menunjang kemajuan di sekolah. Selain itu, masih banyak aspek dalam sekolah yang harus diperhatikan agar manajemen sekolah berjalan dengan lancar.

Salah satu bagian yang tak kalah penting di sekolah adalah bagian keuangan. Meskipun sudah banyak sekolah yang memberikan keringanan, tetap saja ada pembayaran yang dilakukan oleh siswa, misalnya membeli buku, membayar les tambahan di sekolah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sistem keuangan juga menjadi bagian penting. 

Apabila terjadi kesalahan atau masalah dalam sistem keuangan di sekolah, tentu akan berpengaruh pada manajemen sekolah juga. Bahkan, bukan hanya sekolah yang bisa dirugikan, tapi juga pihak dari siswanya. Untuk itu, sistem keuangan juga harus menjadi perhatian pihak sekolah agar tidak terjadi kesalahan atau pun masalah.

Kerangka Kerja Akuntansi Tradisional

Beberapa sekolah mungkin masih mengandalkan kerangka kerja akuntansi tradisional atau manual di mana hanya mengandalkan tenaga manusia saja. Meskipun sudah dilakukan sejak dulu, tapi banyak kekurangan yang harus dijadikan evaluasi. Misalnya saja terjadi kesalahan dalam pencatatan, buku keuangan yang hilang dan masalah lainnya.

Semua catatan mengenai transaksi umum dan penyesuaian diolah laporan keuangan menjelang akhir tahun. Laporan ini nantinya dijadikan sebagai bahan evaluasi oleh manajemen sekolah, misalnya untuk tujuan penilaian kinerja, kebutuhan audit, dan kebutuhan administrasi lainnya. Hal inilah yang menjadi salah satu perbedaannya dengan Aplikasi Keuangan Sekolah.

Keberadaan aplikasi yang memanfaatkan teknologi ini tidak menghilangkan sepenuhnya kinerja manusia. Jadi, masih dibutuhkan tenaga yang mengurus tentang keuangan di sekolah. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut juga membutuhkan input-an data dan informasi baru kemudian bisa digunakan untuk memudahkan tugas tenaga keuangan di sekolah. 

Kerangka Pembukuan secara Elektronik

Kerangka pembukuan secara elektronik biasanya memanfaatkan aplikasi akuntansi atau Aplikasi Keuangan Sekolah. Dengan aplikasi ini, segala tugas dan pekerjaan tenaga keuangan menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, berbagai kesalahan yang biasa terjadi pada kerangka kerja akuntansi tradisional bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan.

Aplikasi ini didesain sedemikian rupa dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan tugas tenaga keuangan. Misalnya saja, fitur untuk mencetak kuitansi, mencatat keperluan pembayaran, menghitung nominal secara akurat dan lain sebagainya. Dengan begitu, tenaga keuangan bisa melakukan tugasnya dengan mudah dan cepat. 

Selain itu, kerangka pembukuan secara elektronik ini juga membuat riwayat pembayaran atau pemasukan dan pengeluaran sekolah menjadi lebih terjaga dengan aman. Apabila pencatatan masih mengandalkan buku, maka buku tersebut bisa rusak, hilang, terbakar dan lain sebagainya. Padahal, catatan keuangan di sekolah sangatlah penting untuk dijaga. 

Sekarang ini, semakin banyak Aplikasi Keuangan Sekolah yang bisa Anda manfaatkan. Namun, jangan sembarangan memilihnya karena setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan jika Anda menggunakan aplikasi berbayar sehingga fitur dan layanan yang diberikan juga semakin lengkap, sesuai dengan kebutuhan bagian keuangan sekolah. 

Evaluasi Pelaksanaan Sistem Keuangan Fleksibel

Apabila sekolah masih menggunakan sistem pencatatan keuangan secara tradisional, biasanya evaluasi hanya bisa dilakukan di akhir semester atau akhir tahun. Berbeda jika sekolah sudah memanfaatkan AKS, maka evaluasi bisa dilakukan kapan saja karena aplikasi ini terhubung dengan web sehingga Anda tinggal membuka catatan tersebut. 

Aplikasi Keuangan Sekolah didesain sedemikian rupa untuk memudahkan tugas tenaga keuangan di sekolah. Ketika petugas memasukkan data mengenai nama siswa yang membayar, nominal dan keperluan, maka semua data akan terekam dalam aplikasi tersebut. Bahkan, semua laporan sudah dibuat secara otomatis tanpa harus menunggu akhir tahun. 

Selain kegiatan belajar mengajar, banyak kegiatan atau urusan lain di sekolah yang harus diperhatikan. Misalnya saja, urusan manajemen di sekolah yang juga penting demi kelangsungan sekolah. Untuk itu, waktu luang yang tersedia pun tidak menentu, apalagi di akhir tahun atau akhir semester yang justru ada banyak agenda. 

Dengan menggunakan Aplikasi Keuangan Sekolah, Anda tidak perlu menunggu akhir tahun, akhir semester atau waktu tertentu. Survei dan evaluasi bisa dilakukan kapan saja saat ada waktu luang sehingga pekerjaan pun menjadi lebih fleksibel. Jadi, waktu lainnya bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang tak kalah penting. 

Masalah Keuangan Dapat Segera Diselesaikan

Masalah sistem keuangan mungkin saja terjadi di sekolah, apalagi dengan jumlah siswanya yang banyak, tidak sebanding dengan jumlah tenaga pengurus keuangan atau pembayaran. Apalagi jika sistem keuangan dilakukan dengan cara tradisional, maka banyak kesalahan yang mungkin terjadi. Apabila hal ini terus dibiarkan, maka akan menyebabkan masalah lebih besar.

Padahal, evaluasi keuangan biasanya dilakukan di akhir tahun atau semester. Tidak heran jika banyak guru atau karyawan yang kemudian kebingungan untuk menyelesaikan masalah ini dalam kurun waktu yang singkat. Berbeda jika sekolah menggunakan aplikasi keuangan sekolah yang canggih sehingga dapat membantu mengurangi kesalahan.

Evaluasi yang bisa dilakukan kapan saja membuat tenaga di bagian keuangan dapat mengetahui kesalahan yang mungkin terjadi. Apabila kesalahan ini bisa diketahui sedini mungkin, maka tidak akan menyebabkan masalah yang lebih besar. Dengan begitu, kesalahan tersebut bisa segera diatasi dengan baik dan tepat.

Bagi Anda yang tertarik ingin menggunakan aplikasi untuk memudahkan pekerjaan sistem keuangan di sekolah, maka carilah informasi lebih lanjut di PT. Mono Solusi Indonesia. Kami akan memberikan informasi tepercaya dan akurat untuk Anda. Jadi, langsung saja kunjungi kami di website https://monosolusi.com/contact untuk informasi Aplikasi Keuangan Sekolah lebih lanjut.

Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top