Aplikasi Keuangan Sekolah dengan Fitur Lengkap Sesuai Kebutuhan

September 10, 2020

Aplikasi keuangan sekolah memiliki banyak fitur yang bisa mempermudah pekerjaan manajemen keuangan di sekolah sehingga pekerjaan lebih cepat selesai.

Aplikasi Keuangan Sekolah menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki setiap sekolah di zaman sekarang ini. Kemajuan teknologi yang semakin canggih tentu bisa memudahkan pekerjaan kita, bahkan bisa menjadi lebih cepat. Jadi, tidak ada salahnya beralih dari manajemen keuangan tradisional atau manual menjadi elektronik.

Banyak penjual dan pengembang yang menyediakan AKS untuk kebutuhan sekolah. Tapi, setiap apk tentu memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda sehingga Anda bisa memilih apk seperti apa yang sesuai kebutuhan sekolah. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa fitur AKS yang penting untuk dimiliki.

Dapat Digunakan secara Online dan Offline

Sebagian besar aplikasi hanya bisa diakses, baik secara online atau offline. Tapi, sekarang ini sudah banyak Aplikasi Keuangan Sekolah yang menyertakan fitur di mana aplikasi tersebut dapat digunakan secara online dan offline. Dengan begitu, kita bisa mengaksesnya dengan mudah, baik secara online maupun offline. 

Apk berbasis web memungkinkan kita mengaksesnya secara online sehingga membutuhkan koneksi internet. Namun, AKS juga memungkinkan Anda mengaksesnya secara offline sehingga tanpa koneksi internet pun, aplikasi juga bisa digunakan. Oleh karena itu, adanya masalah pada koneksi internet tidak akan mengganggu pekerjaan petugas manajemen keuangan sekolah. 

Database Hingga 20 Tahun dan Dapat Diupdate

Database menjadi komponen penting dalam Aplikasi Keuangan Sekolah sehingga Anda harus lebih jeli dalam memilih database AKS. Aplikasi dengan fitur lengkap pasti memiliki database dalam kurun waktu lama, misalnya sampai 20 tahun pelajaran. Database yang bisa digunakan selama 20 tahun ini cukup untuk memenuhi kebutuhan. 

Selain itu, teknologi terus mengalami kemajuan sehingga apk juga harus diupdate terlebih dahulu agar fitur baru, sistem keamanan lebih canggih, spesifikasi lebih bagus bisa Anda miliki. Fitur yang memungkinkan aplikasi dapat diupdate ini tentu sangat bermanfaat karena Anda tidak perlu membeli apk lagi.

Kapasitas Siswa Unlimited

Jumlah siswa di setiap sekolah pasti selalu bertambah setiap tahun ajaran baru, namun juga akan berkurang karena ada yang lulus. Namun, meskipun siswa tersebut lulus, catatan pembayaran pasti masih tersimpan dalam sistem hingga kurun waktu tertentu. Jadi pilih Aplikasi Keuangan Sekolah dengan kapasitas siswa unlimited. 

Kapasitas siswa yang tidak memiliki batas membuat kita tidak perlu repot-repot menghapus riwayat pembayaran atau data pembayaran dari siswa yang sudah lulus karena hal ini akan menyita banyak waktu dan tenaga. Anda cukup menambahkan siswa baru dengan jumlah berapa pun dan aplikasi masih bisa menampungnya.

Model Kuitansi Pembayaran Lengkap

Kuitansi merupakan bukti pembayaran dan biasanya diberikan oleh karyawan yang mengurus pembayaran kepada siswa. Dengan menggunakan Aplikasi Keuangan Sekolah, kuitansi yang akan diberikan tidak dibuat secara manual, tapi sudah ada fitur khusus untuk mencetak kuitansi jika memang diperlukan. 

Aplikasi berkualitas biasanya menyediakan model kuitansi pembayaran beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Lengkapnya model kuitansi pembayaran membuat kita bisa menyesuaikan kebutuhan dan nantinya tinggal memasukkan informasi atau data tertentu guna melengkapi kolom kuitansi pembayaran. 

Data dan Laporan Dapat Diunduh

Salah satu kelebihan dari penggunaan apk keuangan adalah adanya data dan laporan yang sistematis. Anda tidak perlu membuat lagi format atau laporan dari awal karena dengan data yang sudah ada, nantinya akan dibuatkan laporan secara otomatis. Dengan begitu, pekerjaan karyawan keuangan sekolah lebih mudah.

Anda bisa mengakses data dan laporan tersebut di media lainnya karena biasanya apk ini menyertakan fitur download data dan laporan keuangan sekolah. Hal ini memudahkan Anda mencetak data atau laporan tertentu apabila dibutuhkan. Misalnya sebagai bahan audit atau diskusi sekolah untuk kemajuan yang lebih baik.

Sistem Backup Restore dan Support System Jaringan

Meskipun penyimpanan data dengan aplikasi ini sangat besar karena bisa memuat siswa tanpa batas waktu, tetap saja diperlukan cadangan data atau sistem pengamanan. Itulah mengapa carilah Aplikasi Keuangan Sekolah yang menyertakan fitur sistem backup restore. Dengan begitu, aplikasi akan mencadangkan data sekolah agar lebih aman.

Meskipun apk berkualitas, tapi yang namanya teknologi bisa saja mengalami eror atau masalah. Sebagai cara untuk mengantisipasinya, aplikasi membutuhkan fitur backup restore sehingga apabila terjadi masalah pada sistem apk, Anda tak perlu khawatir dengan data yang ada di dalamnya karena sudah ada yang dicadangkan.

Selain sistem backup restore, support system jaringan adalah aplikasi Keuangan Sekolah dan tidak hanya bisa diakses oleh satu jaringan saja, melainkan banyak jaringan jika memang dibutuhkan. Data tentang keuangan sekolah terkadang dibutuhkan oleh beberapa pihak di sekolah sehingga fitur support system jaringan ini sangat dibutuhkan agar apk bisa digunakan oleh multi user. 

Meskipun bisa digunakan oleh banyak pengguna sekaligus, database dari aplikasi ini masih menjadi satu. Sebenarnya, tidak semua pihak membutuhkan fitur ini, jadi pihak sekolah bisa menyesuaikan sendiri apakah fitur support system jaringan diperlukan. Jika ia, maka pastikan bahwa apk tersebut menyertakan fitur penting ini.

Support SMS dan Email Notifikasi

Pemberitahuan dari apk ternyata juga bisa dihubungkan dengan SMS dan Email sehingga lebih fleksibel. Apk yang memiliki fitur support SMS dan email notifikasi tentu memudahkan karyawan atau petugas keuangan sekolah untuk mendapatkan pemberitahuan dengan cepat tanpa harus membuka aplikasi tersebut dahulu.

Dengan adanya notifikasi yang muncul di ponsel membuat petugas keuangan sekolah tidak akan ketinggalan pemberitahuan dan bisa langsung melakukan pengelolaan yang seharusnya. Pekerjaan pun menjadi lebih efektif dan efisien sehingga diharapkan manajemen keuangan sekolah menjadi lebih baik.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, tak ada salahnya mempercayakannya pada PT. Mono Solusi Indonesia. Kami memiliki banyak informasi penting dan menarik tentang Aplikasi Keuangan, termasuk untuk sekolah. Langsung saja kunjungi website kami di https://monosolusi.com/contact untuk mendapatkan informasi tentang Aplikasi Keuangan Sekolah.


Work With Us

Have a project? Create with us now.

We make everything possible.

Go to top